Comscore Tracker

Pelonggaran PPKM Bikin Pertunjukkan Seni Bergeliat di Jatim

Panitia dan seniman harus izin Satgas setempat

Surabaya, IDN Times - Pelonggaran kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat sektor pariwisata bergeliat. Hal ini juga berdampak terhadap pegiat seni di Jawa Timur (Jatim). Saat ini, sudah banyak pertunjukkan seni yang digelar meski dengan pembatasan.

1. Disbudpar sebut banyak pertunjukkan seni yang digelar

Pelonggaran PPKM Bikin Pertunjukkan Seni Bergeliat di JatimPuluhan pekerja seni di Tuban saat menggelar aksi unjuk rasa. IDN Times/Imron

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, Sinarta mengaku sudah banyak yang pertunjukan kesenian yang dilakukan. Namun, menurut dia, untuk menggelar seni ini tidak mudah karena harus mematuhi beberapa aturan.

“Contoh banyak teman-teman saya dalam perdalangan sudah menggelar pertunjukan wayang pada siang hari. Kalau malam, masih banyak yang tidak berani,” ujarnya, Rabu (24/11/2021).

2. Panitia atau seniman harus perhatikan kesehatan hingga keamanan dalam pertunjukkan

Pelonggaran PPKM Bikin Pertunjukkan Seni Bergeliat di JatimAtraksi pekerja seni jaranan di halaman kantor Dewan Kesenian Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Dalam menggelar pertunjukkan seni, lanjut Sinarta, panitia harus memperhatikan kebersihan hingga keamanannya. Karena penerapan protokol kesehatan ini sangat tidak mudah. “Saya optimis seniman atau yang menggelar sangat patuh dengan protokol kesehatan, tapi kan belum tentu masyarakat yang hadir," katanya.

Baca Juga: Pekerja Seni Jaranan Jombang Minta Pemerintah Izinkan Pentas

3. Panitia dan seniman harus izin Satgas setempat

Pelonggaran PPKM Bikin Pertunjukkan Seni Bergeliat di JatimPuluhan pekerja seni di Tuban saat menggelar aksi unjuk rasa. IDN Times/Imron

Lebih lanjut, Sinarta mengingatkan kepada para seniman, supaya meminta izin ke Satgas COVID-19 setempat sebelum menggelar pertunjukkan. Apabila sudah mengantongi izin, maka dipastikan pertunjukkan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Sehingga seniman jika mau menggelar kegiatan maka harus mendapatkan izin dari Satgas COVID-19 masing-masing daerah,” pungkas dia.

Baca Juga: Empat Bulan Nganggur Akibat Corona, Pekerja Seni Demo Pendopo Jombang

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya