Pelamar CPNS Pemprov Jatim Turun, Rupanya Terkendala IPK

Cuma 59 ribu pendaftar, padahal tahun lalu 63 ribu lho..!

Surabaya, IDN Times - Pendaftaran CPNS 2019 formasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) telah ditutup, Selasa (26/11). Sebanyak 59.588 pelamar telah mengisi formulir pendaftaran. Namun yang menyerahkan formulir hanya 57.314 pelamar.

1. Baru terverifikasi 15 ribu dan belum terverifikasi 39 ribu

Pelamar CPNS Pemprov Jatim Turun, Rupanya Terkendala IPKKepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Anom Surahno. (IDN Times/Ardiansyah Fajar)

Berdasarkan data yang diterima IDN Times, sebanyak 57.314 pelamar yang menyerahkan formulir pendaftaran alias submit, ada 1.815 tidak memenuhi syarat. Sebanyak 15.763 sudah diverifikasi dan 39.736 belum diverifikasi.

"Verifikasi segera diselesaikan bagi pendaftar yang sudah submit," ujar Kepala BKD Jatim, Anom Surahno. Nantinya, hasil verifikasi akan diumumkan di laman resmi sscn.bkn.go.id pada 16 Desember 2019.

2. Menurun dari tahun sebelumnya diduga faktor IPK

Pelamar CPNS Pemprov Jatim Turun, Rupanya Terkendala IPKIDN Times/Sukma Shakti

Jumlah tersebut tentunya tidak sesuai prediksi BKD Jatim. Yakni tembus 83 ribu. Bahkan, pelamar kali ini angkanya masih di bawah tahun sebelumnya, yang mencapai 63 ribu. Beberapa faktor rupanya mempengaruhi.

"Seperti angka IPK. Tahun lalu IPK 2,75. Kalau tahun ini minimal 3.00,” kata Anom.

3. Pelamar terbanyak guru bahasa Inggris

Pelamar CPNS Pemprov Jatim Turun, Rupanya Terkendala IPKKepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Anom Surahno. (IDN Times/Ardiansyah Fajar)

Lebih lanjut, terkait jumlah pelamar tebanyak ialah guru. Mengingat formasi tenaga pendidik memanglah paling banyak. Rinciannya, guru bahasa inggris pelamarnya tinggi. Disusul guru matematika, ekonomi, instruktur dan agama islam.

"Ya guru terbanyak, bahasa inggris paling banyak," ucap Anom.

Baca Juga: CPNS Pemkot Surabaya, Formasi Terbanyak Malah Sepi Peminat

4. Pelamar minim dokter spesialis

Pelamar CPNS Pemprov Jatim Turun, Rupanya Terkendala IPK(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Sedangkan formasi CPNS yang minim pelamar masih sama dengan tahun sebelumnya. Yaitu dokter spesialis. Sayangnya, Anom belum merinci jumlah pelamar di formasi ini.

"Yang pasti itu, belum ada peminatnya formasi dokter spesialis fisik dan rehabilitasi, kebutuhan di Jatim hanya satu formasi untuk RSUD dr Soetomo," tandasnya.

Baca Juga: Sipir Penjara dan Guru Jadi Formasi Favorit Pendaftaran CPNS 2019

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya