PDIP Kerahkan 10.368 Saksi pada Pilkada Surabaya 2020

Siap kawal suara Eri-Armuji

Surabaya, IDN Times - PDI Perjuangan (PDIP) secara maraton menggelar pelatihan saksi-saksi di 154 kelurahan untuk Pilkada Surabaya 2020. Total ada 10.368 saksi yang akan dikerahkan oleh partai berlambang kepala banteng bermoncong putih ini. Semuanya diwajibkan mengikuti pelatihan yang berlangsung 18-26 Oktober ini.

”Saksi akan tersebar di 5.184 TPS di seluruh Surabaya,” ujar Ketua DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono, Senin (19/10/2020).

1. Saksi wajib kawal ketat suara Eri-Armuji

PDIP Kerahkan 10.368 Saksi pada Pilkada Surabaya 2020Eri Cahyadi (kiri) dan Armuji. IDN Times/Fitria Madia

Pelatihan para saksi menurut Awi-sapaan akrab Adi Sutarwijono- sangatlah penting. Pasalnya, merekalah yang akan mengawal suara pasangan calon nomor urut 1, Eri Cahyadi-Armuji di TPS-TPS pada 9 Desember mendatang.

“Dengan daya juang dan militansi tinggi, seluruh saksi bertugas melipatgandakan suara dukungan rakyat bagi Eri-Armudji. Mereka harus terampil bertugas kampanye door to door, dari rumah ke rumah, dengan militansi tinggi. Mengajak masyarakat datang ke TPS, dan memilih pasangan nomor 1,” kata dia.

2. Saksi harus kuasai medan di wilayahnya

PDIP Kerahkan 10.368 Saksi pada Pilkada Surabaya 2020Bacawali-Bacawawali Kota Surabaya dari PDIP, Eri Cahyadi-Armuji saat mendaftarkan diri di KPU Surabaya, Jumat (4/9/2020). IDN Times/Fitria Madia

Setelah menjalani pelatihan, nantinya para saksi ditugaskan menjaring suara dari rumah ke rumah. Penugasan itu sendiri akan berlangsung selama satu bulan. Artinya, selama November saksi menjadi kepanjangan tangan mengampanyekan Eri-Armuji.

“Para saksi menguasai medan wilayah tempat dia bertugas. Mereka adalah sosok yang punya kesetiaan tinggi kepada cita-cita bersama untuk menyejahterakan masyarakat dan memastikan Surabaya tidak kembali mundur,” tukas Awi.

Baca Juga: PDIP Mulai Kunci Basis Suara Eri-Armuji di Surabaya, Ini Lokasinya

3. Saksi adalah mata dan telinga Eri-Armuji, maka harus siaga dan waspada

PDIP Kerahkan 10.368 Saksi pada Pilkada Surabaya 2020Ketua DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono. Dokumentasi DPC PDIP Surabaya

Semua saksi, lanjut Awi, juga harus memahami seluruh regulasi pencoblosan dan penghitungan suara di TPS. Mereka memastikan pemberian suara masyarakat, rekapitulasi suara, berjalan baik dan benar, jujur dan adil di semua TPS.

"Jangan sampai ada kecurangan di TPS,” dia menegaskan.

“Jadi, seluruh saksi harus benar-benar dalam kondisi siaga dan waspada. Mereka menjadi mata dan telinga Calon Wali Kota Eri Cahyadi dan Calon Wakil Wali Kota Armudji,” tambahnya.

Baca Juga: Jelang Kampanye, PDIP Surabaya Pastikan Tak Langgar Protokol Kesehatan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya