Pastikan Aman, Siloam Tegaskan RS COVID-19 Terpisah dengan Mal Cito

Jamin kesehatan warga dan pengunjung mal

Surabaya, IDN Times - Manajemen Rumah Sakit (RS) Siloam angkat bicara perihal polemik rencana operasional RS Khusus COVID-19 di area Mal City of Tomorrow (Cito). Kepala Humas RS Siloam, Danang menegaskan, RS tersebut akan dibuat bertaraf internasional, layanan kesehatan, peralatan, dan tenaga medis terbaik.

1. Tegaskan akses, fasilitas, infrastruktur RS akan terpisah dan independen

Pastikan Aman, Siloam Tegaskan RS COVID-19 Terpisah dengan Mal CitoPenyiapan Rumah Sakit COVID-19 di Mal Cito, perbatasan Surabaya-Sidoarjo. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Danang menjelaskan, secara teknis RS darurat ini akan memiliki akses, fasilitas, dan infrastruktur yang terpisah dan independen. Termasuk fisik dan sistem kelistrikan, genset, HVAC, sistem gas medis, sistem STP/IPAL.

Selain itu, juga dilengkapi dengan sistem negative pressure khusus untuk penanganan pasien COVID-19. Nantinya, RS akan memiliki pintu akses tersendiri serta elevator terpisah. Limbah pembuangan medis, cair, dan B3 memiliki sistem terpisah.

“Sebagai RS darurat yang menangani pandemik COVID-19, rumah sakit ini secara fisik sudah siap untuk dibuka dan sudah siap operasional dengan 105 tempat tidur dengan jumlah ICU 15 tempat tidur," ujar dia.

2. Kualitas dan pelayanannya terjamin

Pastikan Aman, Siloam Tegaskan RS COVID-19 Terpisah dengan Mal CitoPenyiapan Rumah Sakit COVID-19 di Mal Cito, perbatasan Surabaya-Sidoarjo. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

RS Darurat, lanjut danang, didukung sepenuhnya secara total dan intensitas oleh Siloam Hospital Group (SHG). Total tenaga medis dan tenaga pendukung lainnya di jaringan SHG mencapai lebih dari 15 ribu orang.

“RS ini sudah terjamin standar kualitas dan pelayanan medisnya. Juga SDM yang terjamin, tidak perlu diragukan lagi," tegasnya.

Baca Juga: Diprotes Pedagang, Rencana Pembukaan RS COVID-19 Dekat Cito Ditunda

3. Bukan kali pertama bikin RS model mixed use, sekarang sedang sosialiasi

Pastikan Aman, Siloam Tegaskan RS COVID-19 Terpisah dengan Mal CitoPlt Wali Kota Surabaya saat sidak RS Khusus COVID di Mal Cito, Rabu (10/2/2021). IDN Times/Dok. Istimewa

Danang menambahkan, secara fisik dan peralatan medis RS tersebut tidak perlu diragukan. Sebab, semua sudah terencana dan dipersiapkan dengan baik. Ini bukan pertama kali RS berada di dalam mixed use atau satu area dengan tempat pelayanan publik.

"Karena di luar negeri, khususnya di kota-kota padat penduduk, hal itu lazim," ucapnya.

Di Indonesia, Siloam sudah membangunnya di Bogor, Bekasi, Jember, Yogyakarta, Medan, Palembang, dan Jakarta. Saat ini pihak Siloam masih melakukan sosialisasi mendalam dengan pemilik toko dan penghuni apartemen Mal Cito sesuai arahan Plt Wali Kota, Whisnu Sakti Buana.

Baca Juga: Dinding Pembatas Kurang Laik, Warga Belum Restui RS COVID-19 Area Cito

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya