Pasien Omicron di Jatim dari Surabaya Berlibur ke Bali

Sampelnya diterima sejak Desember

Surabaya, IDN Times - Pasien pertama yang terdeteksi telah terinfeksi COVID-19 varian Omicron di Jawa Timur (Jatim) ternyata sempat liburan dari Bali. Hal tersebut dibeberkan oleh Kepala Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair), Prof Maria Inge Lusida.

1. Pasien dari Surabaya sempat berlibur ke Bali

Pasien Omicron di Jatim dari Surabaya Berlibur ke Baliilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Meski enggan membeberkan secara rinci, Prof Inge--sapaan karibnya--, mengonfirmasi kalau pasien yang terinfeksi virus corona SARS CoV-2 varian Omicron itu dari Surabaya. Dia menyebut bahwa pasien sempat berlibur ke Bali.

"Iya (dari Surabaya) berlibur ke Bali," ujarnya saat ditelepon, Minggu (2/1/2022). "Nanti (lebih jelasnya) ke Pak Menkes (Menteri Kesehatan). Takut salah," dia menambahkan.

Baca Juga: COVID-19 Varian Omicron Terdeteksi di Jatim

2. Sampel pasien dikirim ke ITD Unair pada 28 Desember, terdeteksi 1 Januari

Pasien Omicron di Jatim dari Surabaya Berlibur ke BaliKetua ITD Unair, Prof. Maria Inge Lusida, M.Kes., Sp.MK(K), Ph.D. Dok Humas Unair

Prof Inge tidak merinci waktu pasien tersebut positif COVID-19. Tapi yang jelas, pihaknya di ITD Unair menerima sampel pasien dengan CT Value rendah pada Selasa (28/12/2021). Karena mencurigai sampel itu, pihak ITD langsung melakukan screening.

"Tanggal 28 (Desember 2021), kami screening, curiga. Tadi malam (Sabtu) kepastiannya (terinfeksi Omicron)," katanya.

3. Ada peningkatan kasus COVID-19 di Jatim

Pasien Omicron di Jatim dari Surabaya Berlibur ke BaliIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sementara itu, data Satgas Penanganan COVID-19 Jatim menunjukkan, untuk penambahan kasus baru terpantau ada 15 pasien pada Sabtu (1/1/2022). Menjadikan total kasus aktif sebanyak 98 pasien. Sedangkan total kasus selama pandemik 400.081 orang, sebanyak 370.237 sembuh dan 29.746 meninggal dunia.

Baca Juga: Pasien Omicron Pertama di Jatim Terdeteksi Tadi Malam

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya