Pamer Keunggulan Jatim, Khofifah Ajak Kerja Sama Denmark

Bidang maritim dan industri pertahanan jadi fokus

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mengajak Kerajaan Denmark mengembangkan kerja sama di bidang maritim dan industri pertahanan. Mantan Menteri Sosial (Mensos) itu menyebut kalau Jatim memiliki berbagai keunggulan.

1. Pamer keunggulan Jatim ke Denmark

Pamer Keunggulan Jatim, Khofifah Ajak Kerja Sama DenmarkGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat hadiri peresmian Kantor Konsulat Denmark di Surabaya. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Nah, keunggulan yang dimaksud ialah Jatim sebagai pusat perekonomian untuk Indonesia bagian timur serta berkontribusi terbesar kedua bagi perekonomian Indonesia. Sementara Kota Surabaya sendiri merupakan kota terbesar kedua di Indonesia.

Lebih lanjut, Jatim juga memiliki infrastruktur yang lengkap dan modern seperti Bandara Internasional Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak yang merupakan pelabuhan terbesar kedua di Indonesia setelah Tanjung Priok Jakarta.

“Jawa Timur menjadi hub perekonomian Kawasan Indonesia bagian timur. Jawa Timur juga satu dari penopang stok pangan Indonesia. Lokasi Jawa Timur sangat strategis sebagai pusat grafitasi dan gerbang perekonomian untuk Indonesia wilayah timur," katanya.

Baca Juga: Wow! Khofifah Masuk 500 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

2. Sebut Jatim ada perusahaan kapal hingga perguruan tinggi negeri di Jatim

Pamer Keunggulan Jatim, Khofifah Ajak Kerja Sama Denmark

Gubernur kelahiran Surabaya itu juga menyampaikan, Jatim memiliki PT. PAL yang bergerak di bidang pembuatan kapal. Kemudian terdapat PT. Pindad yang juga sebagai industri alat pertahanan berkelas dunia. Juga memiliki perguruan tinggi yang memiliki fakultas teknologi kelautan yaitu ITS.

"Kami berharap kerja sama yang saling menguntungkan dapat dibangun antara kerajaam Denmark dan Jatim. Kami berharap Denmark yang memiliki keunggulan di bidang perkapalan dan industri pertahanan dapat membangun dan mengembangkan investasi di bidang perkapalan dan pertahanan dengan teknologi tinggi di Jawa Timur," harapnya.

3. Sampaikan perekoniman Jatim tumbuh dan perdagangan dengan Denmark bagus

Pamer Keunggulan Jatim, Khofifah Ajak Kerja Sama DenmarkGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat hadiri peresmian Kantor Konsulat Denmark di Surabaya. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Khofifah juga menuturkan perekonomian Jatim tumbuh dengan baik dan stabil dari waktu ke waktu. Sesuai hasil riset The Asia Competitiveness Institute pada Lee Kuan Yew Institute Singapura tentang peringkat ease of doing business dari semua provinsi di Indonesia, Jatim posisi pertama pada 2017. Sedangkan tentang competitiveness Jatim posisi kedua tahun 2019.

"Kinerja ekonomi Jawa Timur pada kuartal ketiga menunjukkan kinerja yang luar biasa, mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 3,23 persen year-on-year," ungkapnya.

Begitu juga dengan kinerja perdagangan Jatim - Denmark, selama kurun waktu 2017-2021 menunjukan surplus bagi Jatim setiap tahunnya. Komoditas ekspor Jatim ke Denmark antara lain alas kaki; kendaraan dan bagiannya; perabot, penerangan rumah; kayu, barang dari kayu; bulu unggas; bahan kimia organik; daging dan ikan olahan; mesin/peralatan listrik; produk keramik; ampas/sisa industri makanan. Denmark masuk ke dalam 25 besar investor di Jatim.

Baca Juga: UMP Jatim 2022 Naik Cuma Rp22 Ribu, Buruh: Khofifah Ingkar!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya