Comscore Tracker

Optimisme Partai Buruh, Jadi Peserta Pemilu 2024 hingga Masuk Parlemen

Klaim sudah punya 25 ribu anggota

Surabaya, IDN Times - Partai Buruh tampak berambisi masuk ke jajaran parlemen pada kontestasi pemilihan umum (Pemilu) mendatang. Kekuatan partai mulai dikumpulkan. Hal itu dibuktikan ketika aksi peringatan Hari Buruh di depan Gedung DPRD Jawa Timur (Jatim), Sabtu (14/5/2022).

Partai Buruh sendiri kembali dideklarasikan pada 5 Oktober 2021 lalu. Presiden Konfederasi Serikat Buruh (KSPI) kemudian ditunjuk sebagai ketua partai tersebut. Optimisme partai yang identik dengan warna oranye ini cukup beralasan. Partai Buruh sebelumnya pernah mengikuti beberapa edisi pemilu seperti tahun 1999, 2004, serta 2009 setelah pertama kali berdiri pada tahun 1998.

1. Pengurus Partai Buruh diklaim sudah ada di beberapa provinsi dan 35 daerah di Jatim

Optimisme Partai Buruh, Jadi Peserta Pemilu 2024 hingga Masuk ParlemenMassa Partai Buruh peringati Mayday depan Gedung DPRD Jatim, Sabtu (14/5/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Ketua Komite Eksekutif (Exco) Partai Buruh Surabaya, Nuruddin Hidayat mengatakan, sekarang ini kepengurusan partainya telah terbentuk di beberapa provinisi, termasuk Jatim. Bahkan di Jatim, Partai Buruh diklaim sudah ada di 35 kabupaten/kota.

"Di Jatim dari 38 kabupaten/kota, kita sudah ada 35 kabupatenkota. Keanggotaan pun kita sudah mencapai 25.000," ujarnya di sela-sela aksi Hari Buruh.

2. Siapkan verifikasi parpol, optimistis lolos peserta Pemilu 2024

Optimisme Partai Buruh, Jadi Peserta Pemilu 2024 hingga Masuk ParlemenMassa Partai Buruh peringati Mayday depan Gedung DPRD Jatim, Sabtu (14/5/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Pria yang juga menjabat Wakil Sekretaris Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) ini optimistis bahwa Partai Buruh bisa lolos verifikasi partai politik. Diketahui tahapan pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 akan dibuka 1 - 7 Agustus 2022.

"Kita optimis Partai Buruh bisa lolos verifikasi sehingga dapat berkontestasi dalam pemilu 2024," kata Nuruddin.

Baca Juga: Putusan MK soal UU Ciptaker, Partai Buruh: UMP 2022 Harus Dibatalkan!

3. Sedang siapkan kantor hingga kepengurusan

Optimisme Partai Buruh, Jadi Peserta Pemilu 2024 hingga Masuk ParlemenMassa Partai Buruh peringati Mayday depan Gedung DPRD Jatim, Sabtu (14/5/2022).

Nah, supaya Partai Buruh lolos sebagai peserta Pemilu 2024, Nuruddin menyampaikan bahwa pihaknya sedang menyiapkan kantor tetap. Kemudian anggota atau kader Partai Buruh yang akan dijadikan pengurus tetap.

"Lainnya administratif seperti domisili, rekening, bakesbangpol ini kan administratif. Kita optimis karena temen-temen buruh ini sudah terakumulasi hatinya, puncaknya itu disahkannya UU Omnibus Law. Kita menilai partai-partai politik yang ada saat ini tidak merepresentasikan kepentingan rakyat," pungkasnya.

Baca Juga: Partai Buruh Bikin 'Lautan Oranye' Depan Kantor DPRD Jatim

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya