Ops Aman Nusa II Sampai 2 Agustus, Pertanda PPKM Darurat Diperpanjang?

Siap gaes kalau diperpanjang?

Surabaya, IDN Times - Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Pol Gatot Repli Handoko membenarkan bahwa Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengirim surat telegram untuk Kapolres se-Jatim. Isinya berupa pemberitahuan kalau Operasi Kontinjensi Aman Nusa II Semeru dilaksanakan selama 31 hari.

Surat itu tertanggal sejak 3 Juli 2021 lalu. Sementara instruksi operasinya dilaksanakan mulai 3 Juli - 2 Agustus 2021. Lantas apakah ini pertanda Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat akan diperpanjang?

1. Tegaskan Ops Aman Nusa II beda dengan PPKM Darurat

Ops Aman Nusa II Sampai 2 Agustus, Pertanda PPKM Darurat Diperpanjang?Ilustrasi. IDN Times/Mia Amalia

Gatot menegaskan bahwa Ops Kontinjensi Aman Nusa II Semeru berbeda dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Karena, PPKM Darurat sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) bukan dari kepolisian.

"Kalau yang ini (Ops Kontinjensi Aman Nusa II) terkait operasi kepolisian yang satu bulan, PPKM Darurat kan dari Inmedagri. Operasi Aman Nusa II ini dalam penganan COVID-19, operasinya lebih dari tanggal 20 (Juli) ya. Nah kalau tanggal 20 (Juli) kan PPKM darurat," ujarnya, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Jatim Capai 1 Juta Selama PPKM Darurat

2. Perpanjangan PPKM Darurat masih tunggu anev, diputuskan oleh pemerintah pusat

Ops Aman Nusa II Sampai 2 Agustus, Pertanda PPKM Darurat Diperpanjang?Infografis PPKM Darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021. (IDN Times/Aditya Pratama)

Terkait indikasi adanya perpanjangan PPKM Darurat, perwira dengan tiga melati emas ini belum mengetahuinya persis. Sebab, perpanjangan PPKM Darurat merupakan kewenangan pemerintah pusat. Komandannya ialah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Nantinya, perpanjangan PPKM Darurat merujuk pada hasil analisa dan evaluasi (anev) selama dua pekan penerapan. Anev itu akan dilakukan masing-masing provinsi di Jawa-Bali sebagai bahan pertimbangan pemerintah pusat.

"Kalau PPKM dilanjut apakah operasi dilanjut atau tidak, nanti dilihat dari analisa dan evaluasi," tegas Gatot.

3. Jika PPKM Darurat berakhir, Operasi Aman Nusa II tetap lanjut sampai Agustus

Ops Aman Nusa II Sampai 2 Agustus, Pertanda PPKM Darurat Diperpanjang?Ilustrasi PPKM Darurat. IDN Times/ istimewa

Apabila PPKM Darurat tidak berlanjut, Gatot memastikan kalau Ops Kontinjensi Aman Nusa II masih akan dilangsungkan hingga tanggal yang telah ditetapkan. Sebab, sekali lagi PPKM Darurat tidak mempengaruhi operasi yang dilakukan polisi.

"Ini dilanjut apa tidak (PPKM Darurat) kita menunggu hasil analisa dari pemerintah. Kalau seandainya sudah berakhir (PPKM Darurat), Operasi Aman Nusanya tetap berjalan. Beda PPKM darurat dengan operasi kepolisian Aman Nusa II meskipun tugasnya sama. Penanganan COVID-19," jelas dia.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Jatim Capai 1 Juta Selama PPKM Darurat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya