Comscore Tracker

Operasi Zebra Semeru Berlangsung 2 Pekan, Siapkan Surat Kelengkapanmu!

Ayo tertib berlalu lintas, Rek!

Surabaya, IDN Times - Polda Jawa Timur (Jatim) menggelar Operasi Zebra Semeru 2020 selama dua pekan, 26 Oktober-8 November 2020. Sebanyak 3.004 personel pun dilibatkan dalam operasi ini. Rinciannya 174 personel dari Polda Jatim dan 2.830 personel dari jajaran polres kabupaten/kota.

"Operasi Zebra ini operasi kepolisian terpusat seluruh Indonesia melaksanakan operasi ini. Jadi kami mengikuti apa yang menjadi rencana kegiatan Mabes Polri. Ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya," ujar Kabagbinops Ditlantas Polda Jatim, Kompol Gathut Bowo Supriyono, Senin (26/10/2020).

1. Konsepnya 20 persen tilang, 40 persen preventif, dan 40 persen preemtif

Operasi Zebra Semeru Berlangsung 2 Pekan, Siapkan Surat Kelengkapanmu!Petugas Satlantas Polres Ponorogo memberikan tilang kepada pengendara yang melanggar peraturan dan terjaring dalam operasi zebra 2019, Selasa (5/11). Dok.IDN Times/Istimewa

Nah dalam operasi kali ini, Gathut menyampaikan bahwa kepolisian akan mengedepankan imbauan kepada pelanggar. Selain itu, Korps Bhayangkara juga mengingatkan perihal protokol kesehatan COVID-19 dengan disiplin memakai masker ketika berkendara. Mengingat pandemik virus corona belum berakhir.

"Kegiatannya di sini, kalau konsep Operasi Zebra 20 persen penegakan hukum, 40 persen kegiatan preventif, dan 40 persen preemtif," kata dia.

"Salah satunya kami juga mendukung kegiatan pemerintah, yakni penerapan protokol kesehatan. Jadi kami melaksanakan kegiatan itu secara bersamaan," dia menambahkan.

2. Ada tiga macam pelanggaran yang jadi fokus penindakan

Operasi Zebra Semeru Berlangsung 2 Pekan, Siapkan Surat Kelengkapanmu!Ilustrasi SIM. IDN Times/Triadanti

Perwira dengan satu melati di pundak itu melanjutkan, ada tiga jenis pelanggaran yang akan jadi fokus penindakan. Pertama yakni kurang tertibnya pemakaian pelindung kepala atau helm. Kedua, pengemudi atau pengendara di bawah umur yang tidak mengantong Surat Izin Mengemudi (SIM). Ketiga, berkendara melawan arus.

"Pelanggaran yang lain apabila kami temukan, ya kami lakukan penindakan. Tapi fokus kami pada pelanggaran tiga itu," tegas Gathut.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Kejari Surabaya Mulai Terapkan Delivery Tilang

3. Beri imbauan soal kelengkapan berkendara untuk keselamatan bersama

Operasi Zebra Semeru Berlangsung 2 Pekan, Siapkan Surat Kelengkapanmu!Ilustrasi pengendara motor masuk tol ditilang polisi. IDN Times/Zainul Arifin

Lebih lanjut, Ditlantas Polda Jatim tak henti-hentinya mengingatkan kepada pengendara agar patuh dalam berlalu lintas. Seperti melengkapi surat-surat kendaraan bermotor maupun SIM, lalu juga memakai helm. Hal tersebut tentunya sangat penting bukan hanya untuk menjaga keselamatan pribadi.

"Melainkan juga keselamatan pengguna jalan lain," pungkas mantan Kapolsek Sawahan tersebut.

Baca Juga: Catat! Dua Pekan Ini Polda Jatim Gelar Operasi Zebra Semeru Lagi

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya