NU Kawal Generasi Sehat, Luncurkan Gesid di 3 Daerah Jatim

Menyasar 40 sekolah dan 80 guru

Surabaya, IDN Times - Kesehatan remaja masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama. Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) berinisiatif meluncurkan program Generasi Sehat Indonesia (Gesid).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan gizi dan kesehatan remaja. Gesid, bakal diterapkan di 40 sekolah/madrasah yang tersebar di tiga kabupaten, Jawa Timur (Jatim). Antara lain, Kabupaten Pasuruan, Probolinggo dan Jember.

1. Program akan meningkatkan pengetahuan kesehatan remaja

NU Kawal Generasi Sehat, Luncurkan Gesid di 3 Daerah JatimLP Ma'arif NU luncurkan program peduli kesehatan remaja di 3 kabupaten di Jatim. Dok. Webinar.

Ketua LP Ma’rif NU, KH. Z Arifin Junaidi merasa berkepentingan untuk melakukan penguatan pengetahuan warga sekolah dan madrasah pada isu kesehatan dan gizi  remaja. Dalam program ini terdapat beberapa manfaat akademis berupa satuan pendidikan di Ma’arif NU baik guru maupun pelajar akan meningkat pengetahuannya tentang gizi.

"Kedua, manfaat secara sosial yaitu bisa menggugah solidaritas masyarakat dan awareness mereka akan pentingnya gizi pada rmaja. Terakhir, manfaat secara politis bisa mendorong kebijakan pemerintah untuk lebih peduli pada Gizi dan Kesehatan remaja" ujarnya saat webinar, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Pamer Keunggulan Jatim, Khofifah Ajak Kerja Sama Denmark

2. Tak hanya menyasar siswa tapi juga gurunya

NU Kawal Generasi Sehat, Luncurkan Gesid di 3 Daerah JatimDua orang guru sekolah dasar mengajar di rumah muridnya di Kelurahan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (15/9/2020). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Nantinya, sambung Kiai Arifin, skema dari program ini bersifat berkesinambungan atau dengan snowballing effect. Sehingga, kegiatan akan terus menggelinding menjadi dampak yang banyak dan besar meskipun dimulai dengan langkah yang kecil.

3. Menyasar 400 kader Gesid

NU Kawal Generasi Sehat, Luncurkan Gesid di 3 Daerah JatimLP Ma'arif NU luncurkan program peduli kesehatan remaja di 3 kabupaten di Jatim. Dok. Webinar.

Program kolaborasi bersama Danone ini kata dia, akan dijalankan di tiga kabupaten dengan 40 sekolah, 80 guru dan 400 kader Gesid. "Harapannya ke depan agar bisa menjangkau 21.045 satuan pendidikan yang ada di LP Ma’arif NU," kata dia.

Baca Juga: Sebut Anies Capres, Ketua PWNU Jatim: Hanya Candaan Anak Kecil

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya