NasDem Jatim Dorong Syaikhona Kholil Jadi Pahlawan Nasional

Ia adalah guru dari para ulama

Surabaya, IDN Times - Jelang peringatan Hari Santri, wacana menjadikan tokoh ulama asal Bangakaln, almarhum KH Syaikhona Kholil sebagai pahlawan kian santer. Salah satu partai politik yang terus mendorong supaya segera disahkan ialah Partai NasDem. Bahkan, partai ini akan membuat seminar nasional tentang Syaikhona Kholil pada Hari Santri yang jatuh 22 Oktober mendatang.

Syaikhona Kholil sendiri adalah tokoh penting dalam sejarah Islam dan Indonesia. Ia merupakan guru dari para ulama, termasuk pendiri Nahdlatul Ulama, Hasyim Asyari. Ia lahir pada tahun 1820 dan wafat pada 1925. 

1. Tegaskan NasDem sejak pertama perjuangkan gelar pahlawan KH Syaikhona Kholil

NasDem Jatim Dorong Syaikhona Kholil Jadi Pahlawan NasionalKH Syaikhona Kholil. IDN Times/Istimewa

Ketua Satgas Hari Santri Nasional 2021, DPW Nasdem Jatim, Ipong Muchlissoni menegaskan, sejak awal Nasdem mengambil langkah untuk menelusuri jejak Syaikhona Kholil di Bangkalan. Bahkan, tim khusus dari Jakarta diterjunkan langsung untuk mengkaji secara langsung di sana.

"Ini menjelang proses pengambilan keputusan penetapan gelar pahlawan nasional. Nasdem bersaing dengan partai lain. Yang mengurus dari surat permohonan itu kami. Saya tidak melihat partai lain lakukan itu kecuali statement," tegasnya saat di Kantor DPW Nasdem Jatim, Rabu (6/10/2021).

2. Klaim dapat respons positif dari Mahfud MD

NasDem Jatim Dorong Syaikhona Kholil Jadi Pahlawan NasionalMenko Polhukam Mahfud MD (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Baru-baru ini, sambung mantan Bupati Ponorogo, Nasdem mendatangi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD. Sewaktu menemui, pihaknya menanyakan terkait proses permohonan gelar pahlawan untuk Syaikhona Kholil.

"Dapat jawaban menggemberikan dari Pak Mahfud. Makanya kita bikin seminar nasional supaya dorongan lebih kuat," kata Ipong.

Baca Juga: Berkunjung ke Makam Kiai Kholil Al-Bangkalani, Guru Pendiri NU 

3. Segera bikin seminar nasional soal Syaikhona Kholil

NasDem Jatim Dorong Syaikhona Kholil Jadi Pahlawan NasionalKonpers jelang Hari Santri Nasional 2021 dorong Syaikhona Kholil jadi pahlawan nasional di DPW Nasdem Jatim, Rabu (6/10/2021).

Sementara itu, Wakil Ketua DPW NasDem Jatim, Vinsensius Awey menyebut sosok Syaikhona Kholil layak mendapat gelar pahlawan karena menjadi guru bagi beberapa ulama maupun pahlawan lain. NasDem pun akan menggelar seminar nasional untuk membahasnya.

"Seminar nasional bertajuk gelar pahlawan nasional bagi Kiai Haji Syaikhona Kholil, Guru para pahlawan tanggal 14 Oktober," kata dia.

Selain itu, Awey--sapaan karibnya juga ada sejumlah rangkaian untuk memperingati Hari Santri Nasional 2021. Antara lain, lomba cover selawat, lomba design busana muslimah, lomba santri menulis, lomba khitobah, lomba quote hari santri, lomba Tik Tok Santri. Semuanya mulai 6 - 16 Oktober.

Ada juga sentra vaksinasi Nasdem Peduli di puluhan pondok pesantren yang ada di 12 kabupaten/kota Jatim, seminar santri preunership pada 19 Oktober, selawat nariyah bagi seluruh DPD Nasdem kabupaten/kota, happening art santri merah putih serta ngaji kebangsaan bersama Gus Muwafiq pada 22 Oktober 2021.

Baca Juga: DPR Minta KH Syaikhona Kholil Dapat Gelar Pahlawan Nasional 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya