Musnahkan 28 Kg Sabu-sabu, Polisi Juga Tembak Dua Pelaku

Ayo berantas narkoba!

Surabaya, IDN Times - Sabu-sabu seberat 28 kilogram (kg) dimusnahkan di Mapolda Jatim, Kamis (19/12). Barang haram yang dimusnahkan ini merupakan hasil ungkap yang dilakukan Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya.

"Rinciannya 19,9 kg dari tangkapan Polda Jatim dan dari Polrestabes ada 8,3 kg," ujar Dirnarkoba Polda Jawa Timur, Kombes SG Manik usai pemusnahan.

1. Diungkap dari empat kasus

Musnahkan 28 Kg Sabu-sabu, Polisi Juga Tembak Dua PelakuPolisi lakukan pemusnahan sabu-sabu di Mapolda Jatim, Kamis (18/12). IDN Times/Ardiansyah FajarIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sabu-sabu seberat 28 kg ini didapat polisi usai mengungkap enam kasus peredaran narkoba jaringan Jatim. Sebanyak empat kasus ditangani Polda Jatim. Sedangkan Polrestabes Surabaya ada dua kasus.

"Ini dari 6 TKP yang terjadi di wilayah Jawa Timur. Satu di Jakarta dan lainnya di sini dan Direktorat narkoba Polda Jatim ada 4 TKP dan 2 lagi itu tangkapan Polrestabes Surabaya," jelas Manik.

2. Ada dua pelaku ditembak polisi

Musnahkan 28 Kg Sabu-sabu, Polisi Juga Tembak Dua PelakuDirnarkoba Polda Jawa Timur, Kombes SG Manik. IDN Times/Ardiansyah FajarIDN Times/Ardiansyah Fajar

Tak hanya mengungkap kasus, polisi juga meringkus pelaku. Bahkan ada dua pelaku ditembak saat penangkapan. Alasannya, si pelaku mencoba melawan polisi. 

"Nah sudah ada yang kita lakukan tindakan tegas terukur, karena melawan petugas," tambah Manik.

Baca Juga: Dor! Pengedar Sabu-sabu Ditembak Mati di Bangkalan, Ini Kronologinya

3. Total sabu-sabu yang disita Polda Jatim tahun ini 65 kg

Musnahkan 28 Kg Sabu-sabu, Polisi Juga Tembak Dua PelakuPolisi lakukan pemusnahan sabu-sabu di Mapolda Jatim, Kamis (18/12). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara untuk total sabu-sabu yang telah disita Polda Jatim selama 2019 ini, totalnya ada 65 kg. Beberapa kasus narkoba tahun ini dikendalikan jaringan lapas, termasuk kawasan Sokobanah, Sampang, Madura. Mayoritas barang yang dipesan, semuanya berasal dari luar negeri.

"Selama kurun waktu 1 tahun, sudah 65 kilogram sabu. Untuk jenis yang lainnya masih dicatat. Paling menonjol, kasus barang dari luar negeri lewat Bea Cukai," tandasnya.

Baca Juga: Kejari Lamongan Musnahkan Barang Bukti Sabu-sabu hingga Karnopen

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya