Miliki Suara Terbanyak, PKB Siapkan Pendamping Machfud Arifin

Tetap akan dikomunikasikan dengan empat partai lain

Surabaya, IDN Times - Dua partai pengusung bakal calon wali kota (bacawali) Machfud Arifin, PKB dan Gerindra memiliki jumlah kursi yang sama di DPRD Surabaya. Yakni lima kursi.

Meski begitu, PKB mempunyai suara lebih banyak. Sehingga, mereka menyiapkan pendamping untuk Machfud.

"Lazimnya PKB mempunyai peluang yang lebih besar. PKB urutan kedua suara setelah PDI Perjuangan di Surabaya. Tapi, tentu harus ada kata sepakat dengan empat partai pengusung lainnya," ujar Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Anik Maslachah, Selasa (28/1).

1. Sudah ada beberapa nama yang disiapkan

Miliki Suara Terbanyak, PKB Siapkan Pendamping Machfud ArifinWakil Ketua DPW PKB Jatim, Anik Maslachah saat di Kantor PWNU Jatim, Selasa (12/11). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Anik mengatakan, PKB telah menyiapkan beberapa nama untuk mendampingi Machfud pada Pilwali Surabaya 2020. Nama-nama tersebut dalam waktu dekat akan disodorkan ke koalisi partai dan bacawali. Sayangnya, ia enggan memberikan bocoran nama tersebut.

"Saya tidak ingin mengatakan dulu siapa, dan berapa nama. Intinya siap," katanya.

2. Diupayakan dari internal PKB

Miliki Suara Terbanyak, PKB Siapkan Pendamping Machfud ArifinAbdul Halim Iskandar mendukung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya 2020. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Anik hanya memastikan, semua nama yang akan disodorkan oleh PKB ialah kader internal. Perempuan yang juga menjabat sebagai wakil ketua DPRD Jatim ini ingin mengedepankan kadernya terlebih dahulu untuk diusulkan ke Machfud.

"Ada beberapa nama kami upayakan dari internal. Tapi ya itu tadi, harus disepakati partai pengusung," tambahnya.

Baca Juga: Sudah Diusung Lima Parpol di Pilwali Surabaya, Machfud: Akan Ada Lagi

3. PKB miliki jumlah suara terbanyak daripada empat partai pengusung lainnya

Miliki Suara Terbanyak, PKB Siapkan Pendamping Machfud ArifinMachfud Arifin deklarasi Cawali Kota Surabaya diusung PKB, PAN, Gerindra, Demokrat dan PPP, Minggu (26/1). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sekadar diketahui, dari lima partai politik yang sudah merapat ke Machfud Arifin, PKB menjadi yang terbanyak perolehan suara di Pileg 2019 dengan total 153.509. Kemudian diikuti Partai Gerindra 128.016 suara, Partai Demokrat 119.783 suara, PAN 78.263 suara, dan PPP 56.242 suara.

Sedangkan secara kursi di DPRD Surabaya, PKB dan Partai Gerindra masing-masing lima kursi. Lalu Partai Demokrat empat kursi, PAN tiga kursi, dan PPP satu kursi.

4. Machfud diisukan gandeng Azrul Ananda

Miliki Suara Terbanyak, PKB Siapkan Pendamping Machfud ArifinMachfud Arifin memasangkan jaket ke Azrul Ananda, Minggu (26/1). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sebelumnya Machfud Arifin santer diisukan akan maju bersama Azrul Ananda. Hal itu mencuat usai Machfud memakaikan jaket kepada Azrul saat ia hadir dideklarasi di Machfud Center. Mantan kapolda Jatim itu juga memberikan sinyal jika ingin mencari calon wakil dari kalangan millennials.

Namun, Azrul sudah membantah isu tersebut. Melalu blog pribadinya, putra Dahlan Iskan itu menegaskan bahwa dirinya sama sekali tak punya ambisi politik. Kedatangannya ke acara deklarasi tersebut merupakan bentuk dukungan pribadi.

Baca Juga: Machfud Arifin dan Partai Pengusung Tunjuk Gus Amik Jadi Ketua Timses

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya