Meninggal Dijambret, Jenazah Ojol Sempat Tertahan karena Berstatus PDP

Ratusan driver ojol Surabaya datangi RSUD dr. Soetomo

Surabaya, IDN Times - Ratusan driver ojek online (ojol) mendatangi kamar jenazah RSUD dr. Soetomo pada Minggu malam (7/6). Mereka melakukan aksi solidaritas setelah salah seorang ojol perempuan berinisial DAW (39) warga Dukuh Kupang Barat, Surabaya, meninggal dunia akibat penjambretan di kawasan Jalan Darmo Harapan, Sukomanunggal, Jumat lalu (5/6).

1. Korban hendak mengantar makanan

Meninggal Dijambret, Jenazah Ojol Sempat Tertahan karena Berstatus PDPIlustrasi jambret (IDN Times/Arief Rahmat)

Seorang ojol, Suroso mengaku mendapat informasi bahwa DAW waktu itu sedang mendapat order makanan. Dia akan mengirim makanan ke pemesannya, tapi diikuti oleh orang tak dikenal menggunakan sepeda motor.

"Bawa barang makanan, dikiting (diikuti) orang. Di perempatan Darmo Harapan kesamper itu (dijambret kemudian jatuh)," ujarnya ketika dihubungi IDN Times, Senin pagi (8/6).

2. Korban dirujuk ke RDUD dr. Soetomo, dikabarkan meninggal dunia pada Minggu siang (7/6)

Meninggal Dijambret, Jenazah Ojol Sempat Tertahan karena Berstatus PDPIlustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

Ketika jatuh, korban tidak sadarkan diri dengan kondisi luka-luka dan kendaraanya rusak. Cedera paling parah dialami di kepala, setelah tubuh DAW jatuh ke aspal. Kemudian DAW dilarikan ke rumah sakit terdekat. Tak lama setelah itu, dia dirujuk ke RSUD dr. Soetomo.

"Di-WA (WhatsApp) dapat kabar meninggal 14.30 WIB, harusnya proses pemakaman cepat cuma 1,5 jam," kata dia.

Baca Juga: Viral Video Driver Ojol Adang Truk Sembako di Surabaya, Ini Faktanya

3. Korban sempat berstatus PDP, sehingga membuat ratusan ojol datangi RSUD

Meninggal Dijambret, Jenazah Ojol Sempat Tertahan karena Berstatus PDPRatusan ojol mendatangi kamar jenazah RSUD dr Soetomo untuk meminta kejelasan terkait pemulangan jenazah rekan mereka. IDN Times/Dok. Istimewa

Ternyata, lanjut Suroso, di RSUD dr. Soetomo ada kendala. Korban yang meninggal akibat penjambretan ini ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sehingga, pemakamannya diwajibkan menggunakan protokol kesehatan COVID-19.

"Ternyata di rumah sakit ada masalah. Sampai jam 22.00 WIB baru keluar dari kamar mayat (jenazahnya). Alasannya ada informasi yang salah (terkait PDP)," ucapnya.

Tak hanya di RSUD dr. Soetomo, sebagian ojol juga ke rumah duka. Suroso sendiri memilih ke rumah duka untuk menemui keluarga korban. Di sana juga ada penjagaan dari Polsek Sawahan. Sedangkan di rumah sakit dikawal Polsek Gubeng.

"Kami juga melaporkan kejadian ini ke Pak Baktiono (salah seorang anggota DPRD Surabaya)," kata Suroso.

4. Akhirnya jenazah korban boleh dibawa pulang dan dimakamkan di dekat rumah

Meninggal Dijambret, Jenazah Ojol Sempat Tertahan karena Berstatus PDPIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Anggota DPRD Surabaya, Baktiono membenarkan keluhan para ojol itu. Jenazah DAW memang sempat tidak diperbolehkan dibawa ke rumah duka karena diduga juga terjangkit COVID-19. Hal ini membuat para ojol yang merupakan teman korban mendatangi RDUD dr. Soetomo.

"Mereka minta bukti kalau benar terinfeksi COVID-19 atau tidak. Mereka minta jenazah segera dibawa ke rumah duka kalau tidak bisa membuktikan," katanya.

"Saya dapat informasi dari Pak Suroso, setelah dimediasi dari pihak dokter dan pihak keluarga untuk jenazah akan dipulangkan ke rumah duka dan dimakamankan di belakang rumah. Almarhumah dinyatakan negatif oleh tim dokter dan disaksikan pihak kepolisian Polsek Gubeng," dia menambahkan.

Jenazah DAW akhirnya bisa dimakamkan sekitar pukul 02.00 WIB, Senin dini hari.

5. Polisi pastikan DAW adalah korban penjambretan, bukan kecelakaan

Meninggal Dijambret, Jenazah Ojol Sempat Tertahan karena Berstatus PDPIlustrasi garis polisi (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Sementara itu, Kanit Laka Lantas Polrestabes Surabaya AKP Fakih menyampaikan peristiwa itu menjadi wewenang Reskrim dan masih ditangani oleh Polsek Sukomanunggal. DAW merupakan korban penjambretan. "Kalau Sukomanunggal tadi infonya dijambret dulu, Jadi yang nangani Polsek Sukomanunggal," ucapnya saat dikonfirmasi IDN Times, Minggu malam.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Sukomanunggal Iptu Hadi Ismanto menolak panggilan telepon ketika dikonfirmasi. Bahkan pesan tertulis melalui WA yang dikirim pada Minggu malam tak kunjung dibalas hingga berita ini ditayangkan.

IDN Times juga mencoba mengonfirmasi Kepala Instalasi PKRS dan Humas RSUD dr. Soetomo dr. Pesta Parulian Maurid Edwar SpAn. Namun, semalam Pesta masih bertugas. "Aku masih di ICU, mas," jawab Pesta singkat melalui WhatsApp.

Baca Juga: FJPI Jatim Salurkan Donasi Paket Sembako untuk Janda hingga Ojol

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya