Mengaku Dapat Surat Rekomendasi, Awi Jadi Ketua DPRD Surabaya?

Apakah mantan wartawan ini ditetapkan sebagai Ketua DPRD?

Surabaya, IDN Times - Teka-teki Ketua DPRD Surabaya periode 2019-2024 mulai terjawab. Ketua DPRD Surabaya sementara, Adi Sutarwijono mengaku mendapat kepastian dari DPP PDIP kalau yang ditunjuk sebagai ketua tetap ialah dirinya. Mantan wartawan Tempo ini mengaku sudah mengambil surat rekomendasinya.

“Ya kemarin kami dipanggil oleh DPP PDI Perjuangan untuk mengambil surat rekomendasi calon ketua DPRD Surabaya. Saya ditugasi oleh partai untuk memimpin DPRD Surabaya,” ujarnya saat di Kantor DPC PDIP Surabaya, Minggu (8/9).

1. Anggap sebagai tugas partai

Mengaku Dapat Surat Rekomendasi, Awi Jadi Ketua DPRD Surabaya?Dok.IDN Times/Istimewa

Awi sapaan akrabnya mengatakan, penunjukkan ini dianggap sebagai penugasan partai. Sebagai partai pemenangan di Pileg 2019, PDIP Surabaya berhak mendapat jatah kursi tersebut.

“Mohon doanya agar saya bisa sebaik-baiknya menjalankan penugasan ini,” katanya.

2. Mengedepankan rakyat dan transparansi

Mengaku Dapat Surat Rekomendasi, Awi Jadi Ketua DPRD Surabaya?Dok.IDN Times/Istimewa

Saat dipanggil oleh DPP PDIP, Awi mengaku diamanati menjalankan kepemimpinan di DPRD Surabaya secara transparan dan selalu mengutamakan kepentingan rakyat. Dia menekankan tugas legislatif harus dirangkai dalam semangat gotong royong dan kerakyatan.

"Fungsi pengawasan, legislasi, dan penganggaran harus berhulu dan berhilir pada kepentingan rakyat. Misalnya soal legislasi, kami harus mengawal produk kebijakan yang berbasis pada masalah rakyat dan memberi solusi atas masalah itu,” jelas Awi.

Baca Juga: Ketua PDIP Surabaya Sebut Tiga Tokoh Sudah Ambil Formulir Cawali 2020

3. Jadikan PDIP partai pelopor

Mengaku Dapat Surat Rekomendasi, Awi Jadi Ketua DPRD Surabaya?IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Selain itu, lanjut Awi, diingatkan dengan pesan saat Kongres PDIP di Bali beberapa waktu lalu. Ia harus menjaga nama baik PDIP sebagai partai pelopor.

"Maka kader partai pelopor harus senantiasa ada di garis terdepan untuk memastikan negara hadir dalam seluruh problematika kehidupan rakyat itu pesan yang kami jaga betul,” katanya.

4. Surat rekomendasi masih harus diproses

Mengaku Dapat Surat Rekomendasi, Awi Jadi Ketua DPRD Surabaya?IDN Times/Irma Yudistirani

Lebih lanjut, untuk surat rekomendasi yang telah dilayangkan kepada dirinya, Awi menyebut masih ada beberapa proses. Salah satunya dikirim ke DPRD Surabaya terlebih dahulu.

“Perlu diproses, dan nanti ada pelantikan sebagai pimpinan DPRD," tandasnya.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Surabaya Daftar Bacawali 2020 ke PDIP

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya