Masjid Al Falah Surabaya Tutup Total, Ajak Salat di Rumah Melalui Azan

Salatnya #dirumahaja

Surabaya, IDN Times - Kota Pahlawan telah ditetapkan sebagai zona merah untuk wabah virus corona atau Covid-19. Sebanyak 29 warga Surabaya dinyatakan positif virus tersebut. Akibatnya, beberapa tempat peribadatan pun menghentikan aktivitasnya. Salah satunya adalah Masjid Al-Falah yang ditutup total mulai kemarin (23/3).

"Jadi mulai kemarin tanggal 23 Maret. Seluruh pelayanan publik di lingkungan Al Falah kita tutup," ujar Ketua Pengurus Yayasam Masjid Al-Falah Surabaya, Dwi Andi Handaya Rusman kepada IDN Times, Selasa (24/3).

1. Karena jemaahnya dari berbagai tempat termasuk luar kota

Masjid Al Falah Surabaya Tutup Total, Ajak Salat di Rumah Melalui AzanMasjid Al Falah Surabaya. Google Map

Penutupan total Masjid Al Falah dilakukan seusai Salat Duhur kemarin. Pengurus masjid mengakui, pertimbangan mendasar penutupan lantaran jemaah yang beribadah di masjid yang terletak di dekat Taman Bungkul dan Kebun Binatang Surabaya ini berasal dari berbagai daerah.

"Masjid Al Falah, masjid yang jemaahnya terdiri dari banyak tempat di Surabaya, bahkan luar kota. Sehingga risiko penularan (virus) lebih tinggi dari masjid lainnya," kata Andi.

"Gubernur sudah menyatakan kalau Surabaya red zone. Itu mendasari kita menutuskan masjid kita tutup mulai Salat Duhur kemarin," dia menambahkan.

2. Salat fardhu dan salat jumat tidak digelar berjemaah

Masjid Al Falah Surabaya Tutup Total, Ajak Salat di Rumah Melalui AzanMasjid Al Falah Surabaya. Google Map

Akibat penutupan ini, salat wajib lima waktu dan salat Jumat tidak lagi digelar sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Bahkan, peniadaan Salat Jumat sudah dilakukan sejak pekan lalu.

"Penyebab kita tak lakukan salat jumat kemarin, karena masalah karpet juga. Karena karpet kita tak bisa digulung. Karpet kita berlapis lapis," ucap Andi.

Dikhawatirkan, virus yang dibawa seorang jemaah dapat menempel di karpet masjid. Mengingat pelaksanaan Salat Jumat di masjid ini jemaah selalu penuh sesak.

3. Ajakan salat di masjid diganti di rumah

Masjid Al Falah Surabaya Tutup Total, Ajak Salat di Rumah Melalui AzanIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Meski tidak menggelar salat berjemaah, Masjid Al-Falah masih mengumandangkan azan salat fardhu. Tapi, pada pelafalan azan ada sedikit perubahan. 

"Ada perubahan. Intinya salat Jumat dan fadhu berjamaah kita tiadakan. Tapi azan tetap kita kumandangkan. Dengan ada tambahan anjuran salat di rumah," kata Andi.

Baca Juga: IAIN Jember Produksi Hand Sanitizer untuk Dibagikan ke 100 Masjid

4. Masjid disterilkan hingga disemprot disinfektan

Masjid Al Falah Surabaya Tutup Total, Ajak Salat di Rumah Melalui AzanPenyemprotan desinfektan oleh Damkar di daerah Gunungayar Surabaya, Senin (23/3). IDN Times/Faiz Nashrillah

Selama penutupan total, pengurus masjid terus melakukan sterilisasi. Mulai dari pembersihan rutin sedot debu karpet dan mengepel bagian teras masjid hingga penyemprotan disinfektan.

"Disinfektan hari kamis, kita semprot. Secara reguler kita semprot juga. Pemebersihan secara rutin kita lakukan. Termasuk vakum karpet segala," pungkas Andi.

Baca Juga: Selain DPO Corona, 10 Video Viral yang Makjleb ala Komika Bintang Emon

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya