Mantap! Arek Jatim Terbanyak Diterima KIP Kuliah SNMPTN 2021

Kuliah sing temen yo rek!

Surabaya, IDN Times - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 tak hanya membuka jalur reguler saja. Tahun ini, pemerintah juga menyediakan jalur Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Nah, dari puluhan ribu pendaftar yang diterima, siswa asal Jawa Timur (Jatim) menjadi terbanyak.

1. Jatim tertinggi nasional, 3.394 siswa diterima jalur KIP Kuliah SNMPTN

Mantap! Arek Jatim Terbanyak Diterima KIP Kuliah SNMPTN 2021Tangkapan layar tampilan situs Hasil Seleksi SNMPTN 2021 yang diikuti oleh ratusan ribu siswa.. pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id

Merujuk data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), tercatat ada 134.134 pendaftar KIP Kuliah SNMPTN. Dari jumlah itu, yang dinyatakan lolos atau diterima di PTN sebanyak 29.904 orang. Nah, khusus Jatim yang diterima mencapai 3.394 orang.

Angka itu menjadikan Jatim peringkat pertama di atas Aceh, 2.221 orang, Jawa Barat, 2.157 orang; Sumatera Utara, 2.006 orang; Sumatera Barat, 1.936 orang; Jawa Tengah, 1.847 orang; Sulawesi Selatan, 1.318 orang; dan Lampung 1.112 orang.

2. KIP Kuliah untuk siswa kurang mampu yang berprestasi

Mantap! Arek Jatim Terbanyak Diterima KIP Kuliah SNMPTN 2021Website/ltmpt.ac.id

Sekadar diketahui, KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. KIP Kuliah dikhususkan untuk calon mahasiswa/lulusan SMA sederajat tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, KIP Kuliah menjadi semacam oase bagi siswa kurang mampu tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Calon mahasiswa bisa kuliah di PTN favorit yang diingingkan dengan dibiayai pemerintah.

Baca Juga: 4.446 Orang, UB Jadi yang Terbanyak Terima Maba dari SNMPTN

3. Harapkan bisa angkat derajat keluarga

Mantap! Arek Jatim Terbanyak Diterima KIP Kuliah SNMPTN 2021IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Mantan Menteri Sosial ini melanjutkan, penerima KIP Kuliah diharapakan terus berprestasi sehingga mampu membanggakan keluarga, sekaligus mengangkat derajat keluarga.

“Saya ucapkan selamat kepada semua calon mahasiswa baru asal Jatim yang diterima. Yang belum lulus, masih ada kesempatan mengikuti tahapan seleksi berikutnya, UTBK SBMPTN. Jangan putus asa,” pungkas Khofifah.

Baca Juga: 4.446 Orang, UB Jadi yang Terbanyak Terima Maba dari SNMPTN

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya