Comscore Tracker

Malang Gagas Skytrain, Akan Hubungkan Panderman- Bromo

Wah, anti macet nih

Surabaya, IDN Times - Proyek skytrain ternyata tidak hanya dikerjakan di Gerbangkertasusila saja. Moda transportasi massal berupa kereta ini rencananya juga dibangun di kawasan Malang Raya yang menghubungkan dengan kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS).

1. Proyek sudah dibahas bersama BOP

Malang Gagas Skytrain, Akan Hubungkan Panderman- BromoIlustrasi Skytrain/Pixabay.com

Bupati Malang, Sanusi pun memastikan rencana pengoperasian skytrain di Malang Raya sangat memungkinkan menghubungkan Batu dengan Bromo. Ia menyebut proyek ini sudah lama dibahas dalam Badan Otoritas Pariwisata (BOP).

"Itu sudah lama dan sudah masuk dalam program BOP, Badan Otoritas Pariwata," ujar Sanusi saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (17/9).

2. Skytrain akan beriringan dengan keberadaan angkutan yang sudah ada

Malang Gagas Skytrain, Akan Hubungkan Panderman- BromoIlustrasi Skytrain/Pixabay.com

 

Adanya skytrain, lanjut Sanusi, tidak akan menghilangkan peran mobil Jeep yang selama ini menjadi kendaraan menuju Bromo. Keduanya beriringan melayani wisatawan yang ingin menikmati Bromo. Pelancong bisa memilih menggunakan keduanya. Saat ini, Pemkab sedang menyiapkan terminal untuk menampung Jeep Bromo yang memiliki akses menuju skytrain.

Terminal tersebut disiapkan di Desa Njeru Kecamatan Tumpang, Malang. Luas lahannya mencapai 26 hektar. Lahan ini tidak hanya untuk transportasi umum. Tapi juga sebagai pusat agrobisnis.

"Nanti ada terminal agro ada di Njeru. Itu ada jalur ya Skytrain sampai Njemplang (Desa Ngadas, Tumpang, Kabupaten Malang) di Bromo. Itu sudah ada perencanaan di Badan Otoritas Pariwisata," ungkap Sanusi. Dari terminal tersebut, wisatawan bisa memilih menggunakan jeep Bromo atau skytrain untuk menuju Bromo. 

3. Belum ada rincian pembiayaan

Malang Gagas Skytrain, Akan Hubungkan Panderman- BromoIDN Times/Ardiansyah Fajar

Karena masih rencana, Bupati Malang belum bisa merincinya, termasuk berapa nilai investasi yang dibutuhkan untuk merealisasikannya. Ia menyebut kemungkinan akan berasal dari APBN.

"Kita kan belum punya terminal, sehingga kendaraan besar atau kendaraan umum susah menaruh barang. Maka kami menyiapkan terminal agro itu," katanya.

4. Khofifah berharap skytrain bisa jadi penyangga pariwisata

Malang Gagas Skytrain, Akan Hubungkan Panderman- BromoDok.IDN Times/Istimewa

 

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, keberadaan transportasi massal di Kabupaten Malang sebagai penyangga Bromo Tengger Semeru bisa meningkatkan lama tinggal wisatawan. 

Konsep seperti itu bisa dilakukan dengan menambah fasilitas transportasi publik. Ia menilai salah satu yang memungkinkan adalah menghubungkan Gunung Panderman di Batu dengan Bromo dengan skytrain.

"Tentu dengan beberapa titik stasiun yang nanti akan dilihat koneksitas dari Batu ke Kota Malang, terus ke Kabupaten Malang," pungkas Khofifah.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You