Maju Pilkada Banyuwangi, Yusuf Terancam Dipecat PDIP

Semua keputusan ada di tangan Megawati

Banyuwangi, IDN Times - Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur (Jatim) Sri Untari mengaku telah menerima masukkan dari DPC PDIP Banyuwangi agar Yusuf Wudyatmoko dipecat dari kader partai. Wakil bupati Banyuwangi itu diketahui menerima pinangan Demokrat, PKB, dan PKS untuk maju dalam Pilkada Banyuwangi 2020.

"DPC mengusulkan Mas Yusuf untuk diberhentikan dari partai," ujar Untari, Selasa (1/9/2020).

1. Keputusan ada di DPP, tapi Yusuf bisa dipecat dari PDIP

Maju Pilkada Banyuwangi, Yusuf Terancam Dipecat PDIPSekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari (berkerudung merah). Dokumentasi IDN Times

Usulan itu, lanjut Untari, sesegera mungkin akan dibahas oleh DPD PDIP Jatim. Kemudian hasilnya disampaikan kepada DPP partai. Sebab, yang berhak memutuskan pemecatan ialah DPP PDIP. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan Yusuf akan dipecat dari PDIP.

"Seperti yang disampaikan Pak Ketua DPD kami (Kusnadi), siapapun harus mengamankan rekomendasi ketua umum, kalau tidak diamankan ya hukumnya ya itu (dipecat)," kata dia.

2. Yusuf dinilai indisipliner

Maju Pilkada Banyuwangi, Yusuf Terancam Dipecat PDIPWakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko. IDN Times/Beautiful Banyuwangi

Terlebih, keputusan Yusuf maju dalam Pilkada Banyuwangi di luar kendaraan PDIP dinilai sebagai sikap indisipliner. PDIP sudah jelas memiliki aturan disiplin dan ideologi yang jelas, sebagai instruksi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Partai ini kan punya disiplin organisasi, kalau kader tidak disiplin nanti organisasinya bisa gak baik," tegas Untari

"Maka pendisiplinan kader partai itu jadi bagian yang utama. Kami diajarkan disiplin oleh Ibu Ketua Umum. Disiplin ideologi, disiplin organisasi, disiplin kader," dia menambahkan.

Baca Juga: Pilkada Banyuwangi, PDIP Resmi Mengusung Istri Bupati Anas

3. Yusuf akan tarung dengan istri Bupati Banyuwangi

Maju Pilkada Banyuwangi, Yusuf Terancam Dipecat PDIPIpuk Festiandani, istri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. IDN Times/Istimewa

Sekadar diketahui, Yusuf akan maju di Pilkada Banyuwangi 2020 setelah mendapat rekom PKB, PKS, dan Demokrat. Dia akan berpasangan dengan Muhammad Riza Aziziy. Sekaligus bersaing dengan gaco PDIP yang merupakan istri Bupati Abdullah Azwar Anas, Ipuk Fiestiandani yang berpasangan dengan Sugirah.

Baca Juga: Tak Dapat Rekom, Wabup Banyuwangi Membelot dari PDIP

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya