Machfud-Mujiaman Janjikan Rp150 Juta Tiap RT Setahun Sekali

Kampung bisa mengelola uang sendiri untuk kebutuhan warga

Surabaya, IDN Times - Memasuki masa kampanye, Calon Wali dan Wakil Wali Kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno mulai menggaungkan janji-janji kerja. Terbaru, pasangan calon (paslon) nomor urut 2 ini menjanjikan Rp150 juta untuk tiap RT per tahunnya jika terpilih memimpin Kota Pahlawan.

“Kampung harus kita sejahterakan dengan memastikan setiap RT mendapat Rp150 juta per tahun,” ujar Mujiaman saat pertemuan RT/RW Kelurahan Banyu Urip di Hotel Mercure, Surabaya, Minggu (27/9/2020).

1. Dana dapat dimanfaatkan RT/RW untuk memperindah kampungnya

Machfud-Mujiaman Janjikan Rp150 Juta Tiap RT Setahun SekaliIlustrasi uang. IDN Times/Zainul Arifin

Mantan Direktur Utama (Dirut) PDAM Surya Sembada itu menilai, dana tersebut sangat penting. Nantinya, RT/RW dapat berbenah secara mandiri memperindah lingkungannya masing-masing. Termasuk memenuhi segala kekurangan fasilitas umum (fasum).

“Maka dari itu, Machfud Arifin-Mujiaman memastikan pembangunan Kota Surabaya memperhatikan unsur pendukung yaitu kampungnya,” kata Mujiaman.

"Surabaya eksis ada karena kekhususan kampungnya, kekuatan kampung itu adalah gotong royong yang harus kita perkuat,” dia melanjutkan.

2. Karena selama ini musrenbang tak dapat respons

Machfud-Mujiaman Janjikan Rp150 Juta Tiap RT Setahun SekaliBacawali-bacawawali Kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman jalani tes kesehatan, Jumat (18/9/2020). IDN Times/Dok Istimewa

Tak hanya soal PDAM, Mujiaman yang menjabat sebagai Ketua RW di Kawasan Dukuh Kupang, Surabaya membeberkan pengalamannya. Selama ini, fungsi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang berjalan di tingkat bawah sampai Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) sudah dituliskan minim respons dari pemerintah.

“Saya ini Ketua RW 3 Dukuh Kupang, Musrenbang itu sangat penting. Saya ngisi peng enem (enam kali), tapi zonk!” ungkapnya.

Baca Juga: Dapat Nomor Urut 2, Machfud Sebut Nama Jokowi

3. Ketua LPMK Banyuurip tertarik dengan program baru Machfud-Mujiaman

Machfud-Mujiaman Janjikan Rp150 Juta Tiap RT Setahun SekaliBakal Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin (kiri) dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya Mujiaman Sukirno saat mendaftar ke KPU, Minggu (6/9/2020). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Ketua LPMK Banyuurip, Sujito berharap janji-janji kampanye yang disampaikan Mujiaman dapat terealisasi apabila paslon tersebut terpilih. Menurutnya, apa yang ditawarkan paslon ini lebih menarik. Sebab, tidak sekadar menawarkan kebaikan wali kota saat ini, tapi juga memberikan program  baru.

“Kami ingin ada program baru yang lebih menyejahterakan masyarakat,” kata dia.

Baca Juga: Hari Pertama Kampanye, Machfud Temui Pekerja Outsorcing

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya