Machfud Arifin dan Partai Pengusung Tunjuk Gus Amik Jadi Ketua Timses

Gus Amik punya rekam jejak politik yang mumpuni

Surabaya, IDN Times - Tak hanya mendeklarasikan dirinya sendiri, bakal calon wali (bacawali) Kota Surabaya Machfud Arifin juga mengenalkan ketua tim pemenangannya, Minggu (26/1). Dia adalah politikus senior di Jatim, Miratul Mukmin atau akrab disapa Gus Amik.

1. Dikenal dekat dengan tokoh di Jatim

Machfud Arifin dan Partai Pengusung Tunjuk Gus Amik Jadi Ketua TimsesMachfud Arifin deklarasi Cawali Kota Surabaya diusung PKB, PAN, Gerindra, Demokrat dan PPP, Minggu (26/1). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Gus Amik merupakan koordinator Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) pada Pemilu 2019. Di JKSN, dia bergandengan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dia juga saudara dekat Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

“Gus Amik bersama Pak Dahlan mendorong saya untuk turun di Surabaya. Saya sebenarnya ingin istirahat, tapi dorongan dari beliau membuat saya tergerak berjuang bersama membawa Surabaya lebih maju,” ujar Machfud.

2. Parpol pengusung juga setuju tim pemenangan Machfud dipimpin Gus Amik

Machfud Arifin dan Partai Pengusung Tunjuk Gus Amik Jadi Ketua TimsesMachfud Arifin (kiri) mendapat dukungan dari Partai Demokrat untuk Pilwali Surabaya 2020. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Senada dengan Machfud, Ketua DPC PAN Surabaya Hafid Suaidi menyebut bahwa Gus Amik layak menjadi tim pemenangan. Sebab, dia sangat paham konstestasi dan dinamika politik di Surabaya maupun Jawa Timur. "Beliau ini paham betul politik," ucapnya.

Hal serupa juga diutarakan Ketua DPC Partai Demokrat Lucy Kurniasari. Mantan Ning Surabaya itu melihat sosok Gus Amik cukup dekat dengan semua pimpinan parpol di tingkat pusat. “Dengan kedekatan itu Gus Amik bisa lebih mudah menyinergikan beberapa parpol yang masing-masing punya budaya berbeda," katanya.

"Menjadikan banyak parpol solid mendukung satu paslon dalam waktu singkat itu jelas bukan pekerjaan mudah. Tidak semua bisa melakukan itu, tapi Gus Amik bisa,” lanjut perempuan yang pernah mencalonkan diri sebagai wakil wali kota Surabaya pada 2015 tersebut.

Baca Juga: Machfud Arifin Beri Sinyal Gandeng Presiden Persebaya di Pilwali 2020

3. Gus Amik juga pengasuh ponpes dan miliki karir politik

Machfud Arifin dan Partai Pengusung Tunjuk Gus Amik Jadi Ketua TimsesMachfud Arifin (tiga dari kiri) deklarasi Cawali Kota Surabaya diusung PKB, PAN, Gerindra, Demokrat dan PPP, Minggu (26/1). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sekadar diketahui, Gus Amik bukan orang baru di dunia politik tanah air. Namanya sudah familiar di dunia perpolitikan nasional. Dia merupakan pengasuh Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Takeran. Karir politik Gus Amik dimulai ketika menjadi anggota DPRD Jatim dua periode. Dia pernah menjabat Wakil Bupati Magetan.

Baca Juga: Sudah Diusung Lima Parpol di Pilwali Surabaya, Machfud: Akan Ada Lagi

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya