Lima Kota di Jatim Terapkan PPKM Level 1, Kotamu Termasuk?

Jatim jadi daerah terbanyak PPKM Level 1 di Jawa-Bali

Surabaya, IDN Times - Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level di Jawa-Bali, hingga 1 November 2021. Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) ada lima kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) yang kini menerapkan PPKM Level 1.

1. Ada 5 daerah PPKM Level 1, 9 PPKM Level 2 dan 24 PPKM Level 3

Lima Kota di Jatim Terapkan PPKM Level 1, Kotamu Termasuk?Ilustrasi PPKM. Dok. IDN Times/bt

Adapun lima daerah yang menerapkan PPKM Level 1, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Pasuruan. Sementara yang PPKM Level 2 ada sembilan kabupaten/kota, Sidoarjo, Madiun, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Batu, Jombang, Banyuwangi, Lamongan dan Gresik.

Selanjutnya 24 kabupaten/kota masih PPKM Level 3, Tulungagung, Trenggalek, Situbondo, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, Magetan,  Lumajang, Kota Probolinggo, Kediri, Kabupaten Bondowoso, Blitar, Tuban, Sumenep, Sampang, Probolinggo, Pasuruan, Pamekasan, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Jember, Bojonegoro dan Bangkalan.

2. Jatim jadi daerah terbanyak PPKM Level 1 di Jawa-Bali

Lima Kota di Jatim Terapkan PPKM Level 1, Kotamu Termasuk?Ilustrasi PPKM (IDN Times/Mia Amalia)

Bertambahnya jumlah PPKM Level 1, menjadikan Jatim  sebagai provinsi terbanyak memiliki daerah berada pada level 1 di wilayah Jawa Bali. Karena, Jawa Barat dan Jawa Tengah masing-masing terdapat 2 kabupaten/kota masuk PPKM Level 1. DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Bali belum ada.

"Alhamdulillah berdasarkan Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021, ada lima kota yang masuk PPKM Level 1. Kelima daerah ini berdasarkan asesmen Kemenkes sudah masuk level 1 sekitar satu setengah bulan lalu," ujar Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Sebagai informasi, asesmen Kemenkes, sebanyak 34 kabypaten/kota di Jatim sudah masuk level 1. Meskipun demikian, penerapan level PPKM tidak hanya berdasarkan asesmen Kemenkes saja. Juga ada syarat tambahan di Inmendagri, capaian vaksinasi secara umum dan vaksinasi lansia.

Baca Juga: Dua Indikator Level PPKM Bikin Pengelola Wisata di Malang Bingung

3. Khofifah akan bentuk task force PPKM Level 1 new normal

Lima Kota di Jatim Terapkan PPKM Level 1, Kotamu Termasuk?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, Khofifah menyampaikan, sesuai petunjuk pemerintah pusat juga telah membentuk task force atau gugus tugas yang terdiri para pakar di bidangnya untuk memantau penerapan PPKM Level 1 new normal. Kebijakan ini akan diuji coba ke lima daerah di Jatim yang PPKM Level 1.

“Atas keberhasilan Task Force mengawal pelaksanaan PPKM Level 1 di Kota Blitar. Maka Task Force yang digagas pemerintah pusat ini kembali tinggal di 5 kota yang masuk PPKM Level 1 untuk melakukan pemantauan dan pengawasan,” kata dia.

Tak lupa, mantan Menteri Sosial itu mengingatkan sekaligus mengajak seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Hal Ini penting, karena kedisiplinan menjalankan prokes menjadi salah satu kunci untuk melindungi diri dan orang di sekeliling.

Baca Juga: Akhirnya! Surabaya Turun ke Level 1 PPKM

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya