Larangan Ibadah Massal dari Menag, Khofifah: Jatim Tak Ada Zona Oranye

Data Satgas sebut 28 daerah masih masuk dalam zona oranye

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebut bahwa tak ada zona orange atau merah COVID-19 di wilayahnya. Hal ini ia sampaikan menanggapi pernyataan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas yang melarang kegiatan ibadah massal atau berjemaah di zona merah dan oranye selama Ramadan 2021. 

"Jadi kalau di Jatim, zona oranye tidak ada," tegasnya usai Salat Tarawih di Masjid Al-akbar Surabaya (MAS), Senin (12/4/2021).

1. Data Satgas catat 28 daerah masih masuk dalam zona oranye

Larangan Ibadah Massal dari Menag, Khofifah: Jatim Tak Ada Zona OranyeGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menandatangani peresmian gedung pelatihan milik Dinas Koperasi Jatim. IDN Times/Alfi Ramadana

Apa yang disampaikan Khofifah berbeda dengan peta risiko milik Satgas COVID-19 yang dipublikasi setiap hari. Pada data itu terlihat 28 kota di Jatim, termasuk Surabaya berstatus zona oranye sejak Minggu (11/4/2021). Sementara untuk zona kuning, hanya 10 kabupaten/kota saja. Sebanyak 28 sisanya, masih zona oranye. 

2. Zona oranye tersisa satu RT jika merujuk zonasi PPKM Mikro

Sementara itu, Juru Bicara Rumpun Kuratif Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, dr. Makhyan Jibril Al-Farabi menjelaskan bahwa pernyataan Khofifah bisa saja merujuk pada zonasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Di sana tercatat hanya satu daerah yang masih menjadi zona oranye, yakni satu RT di wilayah hukum Polres Madiun Kota.

"Berdasarkan zonasi PPKM Mikro, masih ada satu zona oranye di Jatim," katanya. Diketahui data zonasi ini merujuk pada data 39 Polres se-Jatim yang ikut menangani COVID-19 melalui program Kampung Tangguh Semeru.

3. Akui masih banyak zona oranye jika berbasis data Satgas Penanganan COVID-19

Larangan Ibadah Massal dari Menag, Khofifah: Jatim Tak Ada Zona OranyeJuru Bicara Satgas COVID-19 Jatim dr Makhyan Jibril. IDN Times/ Dok. Istimewa

Sementara, lanjut Jibril, jika merujuk data Satgas Penanganan COVID-19, Jatim masih didominasi zona oranye. Sedangkan zona kuning hanya 10 daerah, yakni di Lamongan, Tuban, Gresik, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Lumajang, Probolinggo, Jember dan Bondowoso.

"Namun apabila merujuk pada peta dari Gugus Tugas COVID-19 berbasis kabupaten dan kota, masih ada 28 zona oranye," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Menag: Tak Boleh Ada Kegiatan Ibadah Massal di Zona Merah dan Oranye 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya