Labfor Polda Ungkap Penyebab Kebakaran Tunjungan Plaza 5 Surabaya

Polisi masih mendalami unsur kesengajaan

Surabaya, IDN Times - Penyebab kebakaran di Tunjungan Plaza (TP) 5 Surabaya akhirnya diungkap Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur (Jatim).

1. Terjadi akumulasi panas di plafon teras bioskop lantai 10 TP 5

Labfor Polda Ungkap Penyebab Kebakaran Tunjungan Plaza 5 SurabayaPetugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya memadamkan kebakaran yang melanda Tunjungan Plaza 5 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/4/2022). Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan termasuk tiga Bronto Skylift untuk memadamkan api yang membakar lantai 5 Tunjungan Plaza 5 itu. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.

Kabid Labfor Polda Jatim, Kombes Pol Sodiq Pratomo, Rabu (27/4/2022) mengungkapkan, berdasar penyelidikan tim Labfor, penyebab kebakaran bersumber dari akumulasi panas selama terjadinya hubung longgar listrik atau loose contact pada salah satu terminal kabel lampu penerangan. Tepatnya di plafon teras bioskop yang berada di lantai 10 gedung tersebut.

Akibat loose contact, komponen terminal lampu pada plafon meleleh dan membakar isolasi kabel. Setelah itu ada percikan api membesar, kemudian mengenai media bahan mudah terbakar seperti plastik, kayu, kertas di sekitar area plafon bangunan tersebut. "Itu ada di sekrup terminal lampu. Biasanya dipasang di terminal lalu dikencengin pakai sekrup," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Tunjungan Plaza 5 Surabaya Terbakar, Pengunjung Berhamburan

2. Unsur kesengajaan masih dalam penyelidikan

Labfor Polda Ungkap Penyebab Kebakaran Tunjungan Plaza 5 SurabayaIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Terkait unsur kesengajaan, Sodiq tidak mau membeberkan lebih jauh. Sebab, hal tersebut masih dalam ranah penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Surabaya. Saat ini, hal tersebut masih diselidiki berdasarkan laporan hasil Labfor Polda Jatim.

"Itu ranahnya penyidik. Perlu pendalaman penyidik. Bisa nanti updatenya dikonfirmasi ke pihak yang menangani, dalam hal ini Polrestabes Surabaya," dia menegaakan.

3. Sempat muncul beberapa dugaan penyebab kebakaran TP 5 Surabaya

Labfor Polda Ungkap Penyebab Kebakaran Tunjungan Plaza 5 SurabayaKobaran api muncul dari Tunjungan Plaza 5 yang terbakar di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/4/2022). Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan termasuk tiga Bronto Skylift untuk memadamkan api yang membakar lantai 5 Tunjungan Plaza 5 itu. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.

Sebelumnya, ada beberapa dugaan penyebab dan sumber kebakaran TP 5 Surabaya. Dugaan pertama dari tempat parkir, kedua dari salah satu restoran, ketiga dari area permainan anak-anak. Namun semua dugaan itu dimentahkan dengan hasil Labfor Polda Jatim. Akibat dari kebakaran ini, TP 5 Surabaya masih belum beroperasi lagi.

Baca Juga: Kebakaran TP 5 Diduga dari Restoran Merambat Lewat Exhaust

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya