Comscore Tracker

Kisah Penggemar Jemaah Islamiyah yang Kembali ke Pangkuan Pertiwi

Ia berharap akan banyak yang ikuti jejaknya

Surabaya, IDN Times - Lagu Tanah Airku menggaung di ruangan Hayam Wuruk, Kantor Gubernur Jawa Timur, Senin (8/8/2022) sore. Seketika, badan Din Muhammad Zakaria bergetar. Getaran itu tak bisa ia kontrol seiring dia mengucapkan ikrar kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Setelah berikrar, Zakaria membubuhkan tanda tangan di sebuah kertas yang sudah dibalut stofmap warna hijau. Kertas itu berisi nota kesetiaan. Sebuah tanda bukti tertulis. Kemudian dia berjalan memberi hormat ke Sang Saka Merah Putih. Hormat itu dilanjutkan dengan mencium bendera merah putih.

1. Bukan bagian JI tapi penggemar ulung

Kisah Penggemar Jemaah Islamiyah yang Kembali ke Pangkuan PertiwiMantan anggota Jemaah Islamiyah mengucapkan ikrar setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Senin (8/8/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Zakaria sejatinya bukanlah bagian teroris. Tapi, dia tetap diwajibkan berikrar setia kepada NKRI setelah terindikasi sebagai pendukung ulung salah satu organisasi teroris, Jemaah Islamiyah (JI). Indikasi itu pun diamini Zakaria. Dia tak ragu untuk mengakui kesalahannya itu.

"Saya tidak pernah merasa Jemaah Islamiyah. Tapi saya penggemar Jemaah Islamiyah," tegasnya saat ditemui IDN Times.

2. Tertarik karena ibadahnya disiplin dan rajin, tapi sejumlah aksi bikin Zakaria kembali

Kisah Penggemar Jemaah Islamiyah yang Kembali ke Pangkuan PertiwiMantan penggemar ulung Jemaah Islamiyah, Din Muhammad Zakaria yang ikrar setia ke NKRI. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Zakaria hanya mempunyai alasan yang cukup sederhana untuk bisa mencintai JI. Dia melihat organisasi itu sangat tekun dalam ibadah. "Disiplin keagamaan itu saja. Tidak ada yang unik. Ibadahnya rajin, jilbabnya bagus. Disiplin aja, bukan barang baru," beber dia.

Tapi setelah ada keterlibatan JI dalam sejumlah aksi terorisme, dia berpikir ulang untuk mencintai JI. Zakaria akhirnya menggugurkan rasa cinta itu. Dia pun kembali ke ajaran Islam yang damai, yang mencintai sesama manusia yang ada di NKRI dan penjuru dunia.

3. Siap berkontribusi sebagai akademisi

Kisah Penggemar Jemaah Islamiyah yang Kembali ke Pangkuan PertiwiMantan anggota Jemaah Islamiyah mengucapkan ikrar setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Senin (8/8/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Kini, Zakaria yang juga dosen bergelar doktor di salah satu universitas swasta di Surabaya ini berfokus menjadi guru besar. Sejumlah penelitian dan pengabdian di bidang akademik mulai ia torehkan.

Dia berharap, mantan simpatisan maupun eks kombatan juga mendapatkan kesempatan yang sama sepertinya. Kembali ke masyarakat, kemudian bekerja untuk menghidupi keluarga.

"Saya berharap di bidangnya masing-masing (bisa produktif) sebagai pedagang, petani dan dokter. Saya sendiri doktor sudah biasa di bidang akademisi," kata dia.

"Bahkan, mereka yang tidak punya pekerjaan diberi pekerjaan sesuai kemampuannya. Agar tidak berpola macam-macam," pungkasnya.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 5 Teroris Jemaah Islamiyah di Jawa Timur

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya