Kisah Bek Timnas U-16: Jualan, Belajar, dan Latihan di Tengah Pandemi

Kini ia bisa lebih sering membantu kedua orangtua

Surabaya, IDN Times - Pandemi COVID-19 berdampak pada semua lini kehidupan, tak terkecuali sepak bola. Merebaknya virus corona membuat semua jadwal kompetisi dan latihan sepak bola dihentikan sementara. Hal ini pun dimanfaatkan bek timnas U-16, M. Rangga Aditya Saputra membantu orangtuanya berjualan di Pasar Pondok Jati, Sepanjang, Sidoarjo.

 

1. Kini bisa membantu orangtua setiap hari

Kisah Bek Timnas U-16: Jualan, Belajar, dan Latihan di Tengah PandemiM. Rangga Aditya Saputra saat membela Timnas. Dok.IDN Times/Istimewa

Sebenarnya bukan kali pertama Rangga membantu orangtuanya berjualan di pasar. Setiap akhir pekan, Sabtu-Minggu dia selalu membantu karena sekolah dan latihannya libur. Tapi sejak pandemi COVID-19, dia kini ke pasar tiap hari.

"Kalau biasanya bantu jualan kalau libur latihan aja. Biasanya Sabtu dan Minggu, pas rame-ramenya juga," ujar pemain berbakat jebolan PS Maesa ini.

"Sekarang hampir setiap hari," dia menambahkan.

2. Jualan kue pukis sejak pagi di pasar

Kisah Bek Timnas U-16: Jualan, Belajar, dan Latihan di Tengah PandemiM. Rangga Aditya Saputra saat membela Timnas. Dok.IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, Rangga mengaku biasanya membantu orangtuanya sejak pagi dengan berjualan kue pukis. Rangga juga terbilang mahir dalam membuat kue yang satu ini. Maklum, sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) sudah ikut membantu. Kini dia sudah bisa berjualan sendiri tanpa dipandu sang ayah dan ibu.

Lapak kue pukisnya biasanya sudah mengepul mulai jam 05.30 WIB dan tutup sekitar pukul 09.00 WIB. Selanjutnya, Rangga harus pulang ke rumahnya yang berada di daerah Kedurus, Surabaya. "Ya jualan kue sampai habis, biasanya jam 09.00 WIB sudah habis terus pulang," ucapnya.

Baca Juga: Kompetisi Libur, Kiper PSMS dan Timnas Ini Rutih Latihan dan Berjemur 

3. Setelah jualan, belajar dan latihan kemudian jualan ikan pada petang

Kisah Bek Timnas U-16: Jualan, Belajar, dan Latihan di Tengah PandemiBek timnas U-16, M. Rangga Aditya Saputra saat membantu orangtuanya berjualan ikan di pasar. Dok.IDN Times/Istimewa

Sesampainya di rumah, siswa kelas 10 SMA PGRI Lawang ini bergegas mengerjakan tugas sekolah yang diberikan gurunya secara online. Setelah Salat Ashar, dia biasanya mengisi waktu sore untuk latihan ringan untuk menjaga kebugaran tubuhnya biar tetap prima.

"Biasanya latihan stretching-stretching pakai alat sederhana. Latihan ball feeling juga," ucapnya.

Nah, setelah maghrib, Rangga harus kembali bekerja membantu ayahnya berkulakan ikan-ikan segar, untuk kemudian dijual kembali. Mulai jam 18.00 WIB dirinya harus segera pergi ke depo pasar ikan di Pasar Pabean Cantikan. Kemudian dia memboyong dagangan ke lapak berjualannya di Pasar Pondok Jati.

Baca Juga: Bulan Ini, Timnas U-16 Mulai TC dan Uji Coba Lawan Timnas India

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya