Khofifah Kenalkan Plakat Majapahit, Diduga Pernah Jadi Simbol Negara

Lambang ini berbentuk matahari bersudut delapan

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa memarken plakat Kerajaan Majapahit di unggahan Instagramnya @khofifah.ip, Kamis (26/8/2021). Plakat itu dikenal sebagai Surya Majapahit yang berarti Matahari Majapahit.

1. Surya Majapahit banyak ditemukan di reruntuhan bangunan Majapahit

Khofifah Kenalkan Plakat Majapahit, Diduga Pernah Jadi Simbol NegaraGubernur Jatim angkat plakat Surya Majapahit. Instagram.com/khofifah.ip

Mantan Menteri Sosial itu membeberkan secara singkat kalau lambang itu kerap ditemukan di reruntuhan bangunan kuno. Utamanya bangunan peninggalan Kerajaan Majapahit. Lambang ini mengambil bentuk matahari bersudut delapan.

"Membentuk diagram kosmologi yang disinari jurai matahari," tulis Khofifah.

2. Diduga pernah dijadikan lambang negara

Khofifah Kenalkan Plakat Majapahit, Diduga Pernah Jadi Simbol NegaraGubernur Jatim angkat plakat Surya Majapahit. Instagram @khofifah.ip

Lambang Surya Majapahit, lanjut gubernur kelahiran Surabaya ini, sangat populer di masa Kerajaan Majapahit. Khofifah menyampaikan, kalau para ahli arkeolog menduga bahwa lambang berfungsi sebagai lambang negara.

"Kemarin (Rabu), saat pembukaan Festival Majapahit yang diselenggarakan Bank Indonesia penanda pembukaannya dengan mengangkat plakat Surya Majapahit," katanya.

Baca Juga: Lantik Bupati Mojokerto, Khofifah Minta Pungkasiadi Contoh Majapahit

3. Tegaskan Jatim ialah Bumi Majapahit

Khofifah Kenalkan Plakat Majapahit, Diduga Pernah Jadi Simbol NegaraKepala Bank Indonesia Jatim, Budi Hanoto. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Jatim, Budi Hanoto mengatakan, dalam festival yang digelar bersama Pemprov Jatim itu banyak memerkan potensi yang ada di Jatim, termasuk peninggalan Majapahit. Hal itu sekaligus menjadi penegasan kalau Jatim merupakan bumi Majapahit.

"Potensi di Jatim masih sangat banyak, dengan festival ini kami akan kenalkan lebih mendalam sehingga mendongkrak perekonomian di Jatim," pungkasnya.

Baca Juga: Sumur Kuno Diduga dari Era Majapahit Ditemukan di Tulungagung

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya