Khofifah Ingatkan Soal Pelecehan Seksual Jalanan di Depan Millennials

Jangan jail di jalan

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri acara puncak "Millennial Road Safety Festival" (MRSF) 2019 di Jembatan Suramadu, Minggu (17/3). Di hadapan ribuan millennials, gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini mengingatkan soal kasus pelecehan seksual di jalanan.

Baca Juga: Momen Khofifah dan Arumi  Berboncengan di Millennial Road Safety

1. Ingatkan pengguna jalan tidak jail

Khofifah Ingatkan Soal Pelecehan Seksual Jalanan di Depan MillennialsIDN Times/Sukma Shakti

Khofifah berpesan agar para pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor agar tidak jail. Ia meminta untuk menaati tata tertib lalu lintas yang ada.

"Di Surabaya, Jombang, dan Kediri ada yang jail kalau bawa sepeda motor. Tidak usah jail pegang 'barang' orang lain," ujar dia saat sambutan di panggung acara.

2. Waspadai pelecehan seksual di jalan

Khofifah Ingatkan Soal Pelecehan Seksual Jalanan di Depan Millennials(Ilustrasi pelecehan seksual) IDN Times/Sukma Shakti

Lebih lanjut Khofifah mengatakan jika pesan jail itu ditujukan lantaran ada beberapa kejadian pelecehan seksual jalanan di beberapa tempat di Jawa Timur. Karena itulah Ia mengimbau agar saling menghormati satu sama lain dalam kehidupan.

"Tolong dijaga dan saling menghormati. Supaya jadi saksi sejarah millennials Jatim menjaga lalu lintas dengan baik, termasuk tidak jail," katanya.

3. Khofifah kecam pelecehan seksual

Khofifah Ingatkan Soal Pelecehan Seksual Jalanan di Depan MillennialsIDN Times/Ardyansah Fajar

Sebelumnya, Khofifah melalui akun @khofifah.ip mengunggah salah satu berita daring pada tanggal 12 Maret 2019. Dalam caption-nya ia menulis tentang waspada adanya pelecehan seksual di jalan.

"Saat ini sedang marak aksi pelecehan seksual di Jombang, Jawa Timur. Saya mengecam aksi tidak bermoral tersebut dan mengimbau kepada seluruh kaum perempuan untuk lebih berhati-hati, terutama saat melewati daerah yang sepi. Alangkah lebih baik menghindari daerah tersebut, terutama saat malam hari," tulisnya.

"Saya meminta pemerintah daerah untuk segera memasang penerangan jalan. Dan kepada aparat kepolisian, segera bisa meringkus pelaku. Matur nuwun," tambahnya.

4. Pesan untuk tidak ugal-ugalan

Khofifah Ingatkan Soal Pelecehan Seksual Jalanan di Depan MillennialsIDN Times/Ardyansah Fajar

Tak hanya menyoroti marak pelecehan seksual di jalanan, Khofifah juga berpesan agar pengguna jalan khususnya millennials tidak ugal-ugalan. Pasalnya para anak muda ini termasuk penyumbang kecelakaan lalin terbanyak.

"Maka warga saya pesan jangan ugal-ugalan. Millennials menjaga," tandas perempuan yang juga Ketua Muslimat NU ini.

Baca Juga: Bertemu Dubes Cina, Khofifah Akan Sulap Jatim Jadi Sentra Mawar

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya