Comscore Tracker

Khofifah Ikut Salat Sunah Berjemaah dan Nobar Gerhana Matahari

Ia menyebut fenomena ini sebagai tanda kebesaran Allah

Surabaya, IDN Times - Sekitar ribuan jemaah mengikuti salat Dhuhur sekaligus sunah gerhana di Masjid Al-akbar Surabaya, Kamis (26/12). Tak mau ketinggalan, Gubernur Jawa Timur (Jatim) pun terlihat bergabung dalam barisan saf jemaah wanita.

1. Khofifah lihat gerhana matahari gunakan kacamata khusus

Khofifah Ikut Salat Sunah Berjemaah dan Nobar Gerhana MatahariWarga Surabaya beramai-ramai nobar gerhana matahari cincin menggunakan teropong dan kacamata khusus di Masjid Al-akbar Surabaya, Kamis (26/12).IDN Times/Ardiansyah Fajar

Usai salat dan memanjatkan doa, mantan Menteri Sosial ini langsung beranjak keluar ke arah halaman masjid. Khofifah bergegas melewati karpet biru menuju panggung berukuran 9x9 meter beralaskan karpet hijau.

Di panggung tersebut, ia memberikan jabat salam kepada beberapa anak yang memakai kacamata khusus gerhana. Tak mau ketinggalan, ia segera mengambil bagian melihat fenomena gerhana ini. "Iya terlihat, baru sebagian (gerhananya)," ujarnya.

2. Khofifah ingatkan pentingnya keseimbangan duniawi dan spiritual

Khofifah Ikut Salat Sunah Berjemaah dan Nobar Gerhana MatahariGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat melihat GMC di Masjid Al-akbar Surabaya, Kamis (26/12).IDN Times/Ardiansyah Fajar

Setelah mengamati gerhana, gubernur kelahiran Surabaya ini menilai fenomena alam ini bisa menjadi pembelajaran bagi warga Jatim untuk menyeimbangkan spiritual dengan duniawi. Sehingga, tidak memberatkan salah satunya.

“Ada tanda-tanda alam oleh Allah yang ditunjukkan untuk umat manusia yang kemudian hendaklah ketika melihat gerhana matahari maupun bulan bertakbir, salat, kemudian beristighfar," jelas Khofifah.

"Ini bagian dari ruh spiritualitas yang terus kita seiringkan dengan berbagai ikhtiar duniawi yang menjadi profesi dan tugas fungsi kita masing-masing," tambahnya.

Baca Juga: Surabaya Ternyata Alami Gerhana Matahari 73,8 Persen

3. Pihak masjid akui jumlah jemaah melebihi perkiraan

Khofifah Ikut Salat Sunah Berjemaah dan Nobar Gerhana MatahariSuasana salat gerhana di Masjid Al-akbar Surabaya, Kamis (26/12). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Kepala Humas Masjid Al-akbar Surabaya, Helmy M Noor membeberkan ada 10 ribu jemaah yang ikut salat sunah gerhana tahun ini. Padahal, pihaknya hanya memperkirakan dua ribu jemaah saja.

“ini menandakan bahwa kesadaran tentang ilmu astronomi semakin tinggi,” kata Helmy.

Seorang jemaah, Rizal Cahya (16) mengakui dirinya datang ke Masjid Al-akbar Surabaya untuk nonton bareng (nobar) gerhana matahari. Terlebih saat ini sedang masa libur sekolah.

"Makanya tadi diajak ke sini sama teman, sekalian liat gerhana sama salat jemaah," tandasnya.

Baca Juga: Gerhana Matahari Cincin, Warga Surabaya Nobar di Masjid Al Akbar

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya