Khawatir Corona, Sejumlah Pembeli di Pasar Wonokromo Gunakan Masker

Padahal kata Pak Menkes yang sehat ga usah pake

Surabaya, IDN Times - Sejumlah tagar tentang virus corona alias Covid 19 menghiasi trending topic di Twitter, Selasa (3/3). Trending ini dipicu pengumuman Presiden Joko 'Jokowi' Widodo adanya dua warga Depok yang positif virus corona. Keduanya merupakan ibu-anak berusia 64 dan 31 tahun. Salah satu tagar yang melejit di Twitter ialah #KamiTidakTakutVirusCorona.

Meski tagar tersebut menggaung di Twitter, beberapa warga di Surabaya mengaku masih khawatir dan memilih mengantisipasinya dengan mengenakan masker saat bepergian. Hal ini terlihat di pasar Wonokromo, Selasa (3/3).

1. Pembeli pakai masker antisipasi corona

Khawatir Corona, Sejumlah Pembeli di Pasar Wonokromo Gunakan MaskerBeberapa pembeli di Pasar Wonokromo terpantau memakai masker N95, Selasa (3/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, beberapa pembeli memakai masker. Mereka tidak menampik, pemakaian ini merupakan upaya antisipasi virus tersebut.

"Ini lagi flu, tapi juga buat antisipasi virus corona. Kan sudah masuk Indonesia (virusnya)," ujar seorang pembeli, Ratna (71) saat ditemui, Selasa (3/3).

2. Rutin cuci tangan dan minum vitamin

Khawatir Corona, Sejumlah Pembeli di Pasar Wonokromo Gunakan MaskerBeberapa pembeli di Pasar Wonokromo terpantau memakai masker N95, Selasa (3/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain memakai masker, warga Siwalankerto, Surabaya ini juga mengikuti perkembangan cara antisipasi virus yang muncul pertama kali di Wuhan Tiongkok ini. Menurutnya yang paling penting dalam mencegah ialah kebersihan diri dan menjaga imun tubuh.

"Rutin cuci tangan, minum rempah-rempah vitamin juga," katanya.

Baca Juga: Studi: Virus Corona Cepat Menyebar sebab Lebih Mirip HIV daripada SARS

3. Pakai masker sudah jadi kebiasaan

Khawatir Corona, Sejumlah Pembeli di Pasar Wonokromo Gunakan MaskerIDN Times/Reja Gussafyn

Sementara itu, seorang pembeli lainnya, Michele Aiyada (19) menyatakan dirinya memang sudah biasa memakai masker kemanapun. Karena sehari-hari dalam beraktifitas, mahasiswi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini mengendarai sepeda motor.

"Jadi kalau masker memang sudah biasanya sih, ini tadi dari kampus ke sini (Pasar Wonokromo) pakai masker," terangnya.

"Ya untuk antisipasi debu, polusi, bau gak sedap, virus (corona) juga," pungkas Michele.

Baca Juga: Virus Corona Masuk Indonesia, 4 Orang di Balikpapan Diobservasi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya