Ketua PDIP Surabaya Sebut Tiga Tokoh Sudah Ambil Formulir Cawali 2020

Siapa aja nih?

Surabaya, IDN Times - Jelang Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Surabaya 2020, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah membuka pendaftaran untuk calon wali kota. Tiga cawali yang terdiri dari Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana, Mantan Ketua DPRD Surabaya, Armuji dan Ketua DPD PDIP Jatim, Eddy Tarmidi pun telah mengambil formulir pendaftaran.

1. Penjaringan dilakukan tertutup

Ketua PDIP Surabaya Sebut Tiga Tokoh Sudah Ambil Formulir Cawali 2020IDN Times/Ardiansyah Fajar

Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono pun membenarkan ada tiga orang yang telah mengambil formulir pendaftaran Cawali Kota Surabaya. Meski begitu, apabila ada cawali yang telah mengisi formulir dan menyerahkannya ke Kantor DPC, penjaringan tetap diterapkan secara tertutup. Hal ini merujuk pada Peraturan PDIP Nomor 24 Tahun 2017.

”Penjaringan ini masih akan berlangsung sampai tanggal 14 September 2019. Kami memastikan tidak ada biaya apapun terkait penjaringan ini, karena bagi PDIP, Pilwali adalah sarana menghasilkan kepemimpinan untuk rakyat, kepemimpinan yang menyejahterakan warga, bukan ajang transaksional politik,” ujarnya, Minggu (8/9).

2. Keputusan ada di Ketum PDIP, Megawati

Ketua PDIP Surabaya Sebut Tiga Tokoh Sudah Ambil Formulir Cawali 2020IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Terkait peluang Bacawali yang bakal diusung, Awi sapaan akrab Ketua DPC PDIP Surabaya, pihaknya tidak bisa bicara lebih jauh. Pasalnya, keputusan bulat ada di tangan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Apa yang diputuskan Ibu Ketua Umum, seluruh kader harus tegak lurus. Itu pada saatnya akan diumumkan oleh DPP PDIP. DPC PDIP Surabaya hanya sebatas memfasilitasi penjaringan,” kata Awi.

3. Belum ada penjajakan koalisi partai

Ketua PDIP Surabaya Sebut Tiga Tokoh Sudah Ambil Formulir Cawali 2020IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Sementara untuk koalisi dengan partai lain, lanjut Awi, belum ada penjajakan sama sekali. Pihaknya masih fokus dalam penjaringan Bakal Cawali Kota Surabaya. ”Sampai saat ini belum ada komunikasi dengan partai lain terkait Pilwali,” kata pria yang juga mantan wartawan Tempo ini.

4. Pastinya ajak warga Surabaya pilih calon dari PDIP

Ketua PDIP Surabaya Sebut Tiga Tokoh Sudah Ambil Formulir Cawali 2020Dok.IDN Times/Istimewa

Awi menambahkan, Pilwali Surabaya yang akan digelar pada September 2020 mendatang adalah ajang demokrasi yang harus dibingkai dengan nilai-nilai edukasi politik bagi publik. Ia mengajak seluruh elemen warga Surabaya, berjuang meneruskan kepemimpinan PDIP di Surabaya yang sudah terbukti.

"Tapi perjuangan itu tentunya kami landasi dengan nilai-nilai etik. Kami tidak ingin asal menang, tapi menang dengan membanggakan, yaitu menjadi satu kesatuan gerak dengan rakyat,” pungkasnya.

Baca Juga: Pendaftaran Pilkada 2020 Dibuka, PDIP Jatim Mulai Jaring Calon

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya