Comscore Tracker

Ketika Khofifah Angkat Bicara Soal Kasus Audrey

Faktor sekolah juga mempengaruhi perilaku siswa

Surabaya, IDN Times - Kasus penganiayaan pelajar SMP, Audrey di Pontianak menyita perhatian khalayak ramai. Salah satunya yakni dari Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa.

1. Khofifah sebut tak lepas dari faktor sekolah

Ketika Khofifah Angkat Bicara Soal Kasus AudreyIDN Times/Ardiansyah Fajar

Khofifah menilai kasus penganiayaan itu tidak lepas dari faktor sekolah. "Kejadian Audrey betul di luar sekolah. Tapi nilai yang didapat juga tak lepas dengan yang ditanamkan di dalam ataupun luar sekolah," ujarnya saat sambutan di acara Penguatan Kepala Sekolah (SMA/SMK dan SLB) Se-Jatim di Islamic Center, Kamis (11/4).

2. Berharap sekolah di Jatim bisa jadi pondasi karakter anak

Ketika Khofifah Angkat Bicara Soal Kasus AudreyInstagram.com/its.chelsy

 

Maka dari itu, gubernur perempuan pertama di Jatim ini berharap sekolah mampu menjadi pondasi sebagai pendidikan karakter anak. Pasalnya kasus Audrey bisa juga dianggap sebagai produk pendidikan.

"Kalau kasus Audrey jika dilihat dunia sebagai sesuatu, pastinya juga dilihat sebagai produk pendidikan," kata Khofifah.

3. Jokowi bahkan berkomentar soal kasus ini

Ketika Khofifah Angkat Bicara Soal Kasus AudreyInstagram.com/jokowi

Tak hanya Khofifah, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo juga sempat menyatakan kesedihan atas peristiwa itu. Ia pun mengarahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk menindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

"Kita semuanya sedih, kita semuanya berduka atas peristiwa perundungan itu," kata Jokowi pada Rabu (10/4).

Jokowi menduga ada pola interaksi sosial antar masyarakat yang sudah berubah lewat media sosial. Ia pun meminta agar semua kalangan hati-hati dengan hal tersebut.

"Ini adalah masa transisi yang kita semua harus hati-hati. Terutama, awasi betul anak-anak kita. Jangan sampai terjebak pada pola interaksi sosial yang sudah berubah, tetapi kita belum siap," pinta Jokowi.

4. Ada pengeroyokan terhadap Audrey dilakukan oleh siswi SMA

Ketika Khofifah Angkat Bicara Soal Kasus AudreyInstagram/justiceforaudrey

Sebelumnya, siswi SMP di Pontianak Audrey (14) menjadi korban pengeroyokan oleh beberapa siswi SMA. Pengeroyokan yang diduga dipicu masalah asmara itu mengakibatkan korban mengalami depresi dan luka fisik.

Baca Juga: Sindiran Berujung Penganiayaan, Begini Kronologi Kasus Audrey

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You