Kebut Pengurus Baru di Jatim, 17 DPC Demokrat Gelar Muscab Bulan Ini

Waaah, persiapan Pemilu nih?

Surabaya, IDN Times - Partai Demokrat di Jawa Timur (Jatim) mengebut untuk membentuk kepengurusan baru di tingkat kabupaten/kota setelah dilantiknya Emil Elestianto Dardak sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim. Rencananya, ada 17 DPC Demokrat menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak tahap satu.

Kota/kabupaten tersebut antara lain, Banyuwangi, Situbondo, Jember, Lumajang, Bojonegoro, Kediri, Blitar, Malang, Tulungagung, Pamekasan, Sumenep, Bondowoso, Tuban, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kota Batu dan Kota Blitar. 

1. Pendaftaran sudah dibuka sejak kemarin hingga Sabtu

Kebut Pengurus Baru di Jatim, 17 DPC Demokrat Gelar Muscab Bulan IniSuasana pembukaan Musda Partai Demokrat Jatim. Dok. Istimewa.

Kepala BPOKK DPD Demokrat Jatim, Mugianto mengatakan Muscab serentak akan dimulai dengan proses pendaftaran sesuai PO Organisasi yang dikeluarkan oleh DPP Partai Demokrat untuk pemilihan Ketua DPD Provinsi maupun DPC Kabupaten/Kota.

"Sesuai surat yang dikeluarkan DPD Demokrat Jatim Pendaftaran dibuka tanggal 18 Mei dan ditutup 20 Mei jam 24.00 WIB di Kantor DPD Partai Demokrat Jatim, Jalan Kertajaya Indah no 82 Surabaya," ujarnya, Kamis (19/5/2022).

2. Pendaftar ketua harus kantongi 20 persen dukungan di DPC

Kebut Pengurus Baru di Jatim, 17 DPC Demokrat Gelar Muscab Bulan IniEmil Elestianto Dardak saat Rakorda di DPD Demokrat Jatim. Instagram.com/pddemokrat

Bagi calon ketua yang melakukan pendaftaran harus mengantongi dukungan minimal 20 persen pemilik suara sah di masing masing DPC. Saat ini, Mugianto sedang menunggu kandidat-kandidat yang telah siap untuk melakukan pendaftaran.

"Kita menunggu yang sudah siap, untuk segera melakukan pendaftaran," ucapnya.

Baca Juga: Buntut Terpilihnya Emil, Simpatisan Demokrat Jatim Gelar Demo 

3. Muscab akan digelar serentak di Surabaya pada 27 Mei mendatang

Kebut Pengurus Baru di Jatim, 17 DPC Demokrat Gelar Muscab Bulan IniIDN Times/istimewa

Untuk pelaksanaan Muscab serentak tahap pertama, dijadwalkan pada 27 Mei 2022 di Asrama Haji, Surabaya. Nantinya, para kandidat ini akan di tetapkan untuk menjadi calon Ketua. Selanjutnya akan digelar fit and proper test yang dilakukan BPOKK DPD dan DPP secara daring.

"Itu untuk DPC-DPC yang nantinya dalam Muscab ditetapkan lebih dari satu calon ketua," katanya.

Dalam fit and proper test, calon ketua akan diminta menyampaikan visi-misi serta program partai ke depan jika terpilih sebagai ketua. "Nanti tim 5 yang akan memberi penilaian, 3 dari DPP dan 2 dari DPD. Setelahnya DPP yang akan mengeluarkan SK Ketua DPC terpilih," pungkas Mugianto.

Baca Juga: 2 Kepala Daerah Jadi Pengurus Demokrat Jatim, Begini Analisa Pakar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya