Kebakaran Toko Elektronik Kawasan Blauran, 5 Orang Sekeluarga Tewas

Jenazah para korban dibawa ke RSUD dr Soetomo

Surabaya, IDN Times - Lima orang dipastikan meninggal dunia akibat kebakaran yang melahap salah satu toko elektronik di kawasan Pasar Blauran, Surabaya, Minggu (30/8/2020). Seluruh korban masih satu keluarga. Kini, jenazah kelimanya telah dievakuasi ke Kamar Jenazah RSUD dr Soetomo.

1. Lima orang diduga terjebak di dalam toko

Kebakaran Toko Elektronik Kawasan Blauran, 5 Orang Sekeluarga TewasPetugas pemadam kebakaran berusaha memedamkan api yang melalap toko elektronik di kawasan Pasar Blauran. Screenshoot YouTube/ MonalisaDwaa_

Berdasarkan data yang diterima IDN Times, adapun korban yang meninggal dunia yakni Budi Susanto (33), Agus Susanto (35), Meiliana (60), Eli (36), dan seorang anak laki-laki berinisial AX (15). Mereka diduga terjebak di dalam bangunan dua lantai ketika api melalap toko yang juga dijadikan rumah itu.

"Kami temukan lima, kayaknya lima ini satu keluarga," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Dedi Irianto.

2. Tiga orang terbakar di kamar tidur, satu terbakar di kamar mandi, dan satu tertimpa motor

Kebakaran Toko Elektronik Kawasan Blauran, 5 Orang Sekeluarga TewasIlustrasi Kamar Mayat (IDN Times/Sukma Shakti)

Terkait kondisi korban, Dedi mengatakan kalau tiga orang dalam keadaan hangus di atas ranjang kamar tidur. Sedangkan satu orang hangus terbakar di dalam kamar mandi. Kemudian satu orang lagi tidak terbakar. Akan tetapi dia meninggal dunia posisinya tertimpa sepeda motor di bawah panel listrik.

"Yang satu ini posisinya gak hangus. Kemungkinan dia tersengat listrik," kata dia.

Baca Juga: Kebakaran Kejagung Bisa Dipadamkan Setelah PMK Berjibaku Selama 11 Jam

3. Penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik

Kebakaran Toko Elektronik Kawasan Blauran, 5 Orang Sekeluarga TewasPetugas pemadam kebakaran berusaha memedamkan api yang melalap toko elektronik di kawasan Pasar Blauran. Screenshoot YouTube/ MonalisaDwaa_

Dugaan sementara, kebakaran disebabkan arus pendek listrik atau korsleting. Hal itu diketehaui setelah petugas pemadam kebakaran mengecek bagian panel listrik toko. Ternyata ketika dibuka, panelnya dalam keadaan hangus. "Kami buka panelnya gosong semua," ucap Dedi.

Kebakaran ini dilaporkan oleh seorang warga sekitar pukul 07.28 WIB. Mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar 08.05 WIB. Namun, kondisi api sudah membesar. Api juga sempat menjalar ke toko renda di sebelahnya. Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya bahkan sampai mengerahkan mobil Bronto Skylift guna memadamkan api dari atas bangunan.

Baca Juga: Toko Elektronik Kawasan Pasar Blauran Terbakar, Diduga Ada Korban Jiwa

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya