Comscore Tracker

Kapolda Jatim Wajibkan Anggotanya Tes Darah dan Tes COVID-19 Berkala

Yang punya komorbid diminta WFH

Surabaya, IDN Times - Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mewajibkan anggotanya untuk melakukan tes darah dan tes COVID-19 secara berkala. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi penularan COVID-19 di lingkungan kepolisian. Wajar jika polisi melakukan siaga dini terhadap COVID-19. Pada akhir tahun lalu, Nico menyebut ada 60 orang anggotanya yang meninggal akibat COVID-19. 

1. Tiap anggota wajib tes darah dan tes COVID-19 berkala

Kapolda Jatim Wajibkan Anggotanya Tes Darah dan Tes COVID-19 BerkalaIlustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Nico mengatakan, jika nantinya adalam tes tersebut diketahui ada anggota kepolisian yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid, maka mereka itu tidak boleh kerja di kantor. Para anggota itu akan diminta untuk Work From Home alias kerja dari rumah. 

"Tes secara berkala kepada seluruh anggota, khususnya yang bekerja di lapangan sehingga bisa diketahui pencegahan lebih dini apabila mereka terkena COVID-19," kata Nico, Kamis, (7/1/2020).

2. Siap amankan distribusi vaksin ke kabupaten/kota

Kapolda Jatim Wajibkan Anggotanya Tes Darah dan Tes COVID-19 BerkalaIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain antisipasi internal, Nico juga mengaku sudah melakukan koordinasi eksternal, yaitu  Forkompimda. Salah satu poin utama dalam pembahasan itu meliputi Pembatasan Ketat Jawa-Bali hingga pengamanan distribusi vaksin COVID-19. Untuk pembatasan, ia Forkopimda akan kembali bertemu pada Jumat, (8/1/2020) besok. 

"Rencananya rapat akan dilaksanakan pada Jumat 8 Januari besok dan dalam rapat itu kami akan membahas hal teknis pengaturan kerja 75 persen di rumah dan 25 persen di kantor," ujarnya. Sementara soal pengamanan distribusi vaksin, Nico menyebut bahwa Polda sudah siap melaksanakannya.

Baca Juga: Dirombak, Kapolda Jatim Irjen Muhammad Fadil Jabat Kapolda Metro Jaya

3. Dukung penuh kebijakan pemerintah pusat

Kapolda Jatim Wajibkan Anggotanya Tes Darah dan Tes COVID-19 BerkalaIrjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. didampingi Dir Reskrimsus Polda Kalsel melaksanakan Press Release Tindak Pidana Terkait UU ITE dan Perlindungan Konsumen bertempat di Lobby Utama Mapolda Kalsel. Instagram.com/Humas Polda Kalsel

Nico menegaskan, Polda Jatim akan selalu mendukung kebijakan pemerintah pusat maupun provinsi dalam penanganan COVID-19. Sinergitas menjadi bagian penting dalam rangkah penanganan COVID-19. 

"Dan saya minta masyarakat juga mengikuti apa yang sudah disampaikan oleh Satgas COVID-19 provinsi. Harapannya dengan mengikuti aturan, arahan dan perintah yang diberikan itu kita semua bisa menghadapi COVID-19 secara bersama-sama," ucapnya. 

Baca Juga: Ini Tarif Baru Tes COVID-19 di Bandara Angkasa Pura II

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya