Comscore Tracker

Kapolda Jatim Dijabat Irjen Nico Afinta, Mantan Kapolda Kalsel

Irjen Fadil Imran jadi Kapolda Metro Jaya

Surabaya, IDN Times - Rotasi jabatan di jajaran pejabat Polri kembali terjadi. Kini giliran jenderal bintang dua yang harus mutasi dan naik jabatan. Salah satu yang naik jabatan ialah Irjen Pol M. Fadil Imran. Dia mendapatkan jabatan baru sebagai Kapolda Metro Jaya setelah sebelumnya mengemban tugas sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim).

1. Irjen Pol M. Fadil jadi Kapolda Metro Jaya

Kapolda Jatim Dijabat Irjen Nico Afinta, Mantan Kapolda KalselKapolda Jatim Irjen Pol M. Fadil Imran (kiri) bersama Kabid Humas Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko (kanan). Dok.IDN Times/Istimewa

Keputusan tersebut tertera dalam telegram Kapolri Jenderal Idham Aziz, Nomor: ST/3222/XI/KEP/2020, Senin (16/11/2020). Dalam keputusannya, Fadil menggantikan Irjen Pol Nana Sujana sebagai Kapolda Metro Jaya yang dicopot karena dianggap lalai dalam menegakkan protokol kesehatan. Nana sendiri diangkat dalam jabatan baru sebagai Koorsahli Kapolri.

"Iya benar ada mutasi jabatan kapolda," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (16/11/2020).

Baca Juga: Reserse Sekaligus Penulis, Sosok Irjen Fadil Imran

2. Kapolda Jatim dijabat Irjen Nico Afinta

Kapolda Jatim Dijabat Irjen Nico Afinta, Mantan Kapolda KalselKapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. didampingi Dir Reskrimsus Polda Kalsel melaksanakan Press Release Tindak Pidana Terkait UU ITE dan Perlindungan Konsumen bertempat di Lobby Utama Mapolda Kalsel. Instagram.com/Humas Polda Kalsel

Sementara untuk posisi Kapolda Jatim, dalam telegram Kapolri, akan dijabat oleh Irjen Pol Nico Afinta. Dia sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel). Trunoyudo mengatakan, rotasi jabatan menjadi hal lumrah di kepolisian.

"Semua adalah kebutuhan organisasi dan penyegaran personel untuk meningkatkan sumber daya manusia dan peningkatan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat," kata dia.

3. Kapolres Lamongan dan Kediri Kota ganti

Kapolda Jatim Dijabat Irjen Nico Afinta, Mantan Kapolda KalselKapolres Lamongan AKBP Harun saat diwawancarai sejumlah wartawan. IDN Times/Imron

Selain itu, dua jajaran polres di Jatim juga ada rotasi kapolres. Yakni Polres Lamongan dan Kediri. Dalam putusan telegram Kapolri, Kapolres Lamongan, AKBP Harun diangkat sebagai Kapolres Bogor. Jabatannya pun diisi oleh AKBP Miko Indrayana yang sebelumnya Kapolres Kediri Kota. Sementara Kapolres Kediri Kota diisi oleh AKBP Eko Prasetyo sebelumnya Koorspripim Polda Jatim.

Baca Juga: Dirombak, Kapolda Jatim Irjen Muhammad Fadil Jabat Kapolda Metro Jaya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya