Kadin Jatim Tawarkan Wisata Sumenep ke Arab Saudi

Semoga Pangeran Mohammed bin Salman tertarik juga, ya

Surabaya, IDN Times - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) menawarkan wisata Sumenep kepada para investor Arab Saudi. Penawaran itu dilakukan sesuai komitmen negara itu untuk memperluas investasi di berbagai negara.

1. Sumenep ditawarkan karena memiliki kadar oksigen terbersih kedua di dunia

Kadin Jatim Tawarkan Wisata Sumenep ke Arab SaudiInstagram/turisorganizer

Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto menyebut sebanyak182 proyek strategis yang bisa menjadi peluang bagi Arab Saudi. Mulai dari infrastruktur, kesehatan, air bersih, migas dan lain sebagainya. Untuk pariwisata, Kadin menawarkan Sumenep yang memiliki kadar oksigen terbersih kedua di dunia. Lokasi tersebut adalah pulau Gili Iyang.

"Wisatawan dari Arab ini kebanyakan ke Jatim untuk wisata religi dan Sumenep termasuk salah satu destinasi religi. Di sana juga ada destinasi wisata yang cukup unik, yaitu daerah yang memiliki oksigen terbersih kedua di dunia," ujarnya, Rabu (13/10/2021).

2. Tawarkan proyek strategis Bromo hingga Wilis, juga kerja sama UMKM

Kadin Jatim Tawarkan Wisata Sumenep ke Arab SaudiDok.BNPB

Selain wisata, Adik membeberkan bahwa pihaknya juga mendorong Arab Saudi berinvestasi di berbagai proyek starategis di Jatim sesuai Perpres 80/2019 terkait percepatan pembangunan ekonomi di Kawasan Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan, Kawasan Bromo - Tengger - Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis Dan Lintas Selatan.

"Kami juga menawarkan investasi logistik untuk membuka pasar bagi UMKM Jatim di sana," kata Adik.

Baca Juga: 10 Pulau Terindah di Sumenep Madura, Pesonanya Memanjakan Mata

3. Penawaran direspons positif oleh Arab Saudi

Kadin Jatim Tawarkan Wisata Sumenep ke Arab SaudiPutera Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via Reuters)

Penawaran itu, sambung Adik, direspons positif oleh rombongan Dubes Arab Saudi saat melakukan pertemuan dengan Kadin Jatim, Selasa (12/10/2021). Ia menyebut bahwa Arab Saudi berminat menjalin kerja sama dengan pengusaha Jatim dalam hal investasi, perdagangan dan pariwisata.

Saat ini Arab Saudi memiliki komitmen untuk memperluas investasi karena Arab Saudi memiliki visi 2030, dimana ekonomi Arab Saudi tidak hanya akan bertumpu pada sektor minyak dan gas. Selain itu,  Arab Saudi juga akan menanam 40 juta pohon.

Baca Juga: Koalisi Saudi Hancurkan 6 Drone Houthi di Langit Arab Saudi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya