Jemput Bola, Polisi Hubungi Korban Pelecehan Seksual Berkedok TA

Korban diduga lebih dari satu

Surabaya, IDN Times - Kasus dugaan pelecehan seksual dengan modus Tugas Akhir (TA) yang dilakukan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair) yang bernama Gilang mendapat atensi Polrestabes Surabaya. Kini, kepolisian meminta para korban berani melapor agar kasus tersebut dapat segera ditindaklanjuti.

1. Polisi jemput bola hubungi korban

Jemput Bola, Polisi Hubungi Korban Pelecehan Seksual Berkedok TAIlustrasi kekerasan/pelecehan seksual. IDN Times/Sukma Shakti

Kanit Resmob Polrestabes Surabaya, Iptu Arif Ryzki Wicaksana mengatakan, pihaknya dengan akan membantu mengusut tuntas kasus yang viral di media sosial Twitter itu. Saat ini pihaknya juga tengah mendalami kasus ini dan mulai menghubungi satu per satu korban.

"Masih kami dalami, karena memang sudah viral. Kita masih hubungi korban-korban," ujarnya kepada IDN Times, Kamis (30/7/3020).

2. Korban diduga lebih dari satu

Jemput Bola, Polisi Hubungi Korban Pelecehan Seksual Berkedok TAIlustrasi Pelecehan (IDN Times/Mardya Shakti)

Arif menduga, korban kejahatan seksual oleh terduga pelaku lebih dari satu orang. Namun dia mengedepankan asas praduga tak bersalah, selama belum ada laporan resmi. Maka dari itu, langkah awal yang dilakukan ialah berkomunikasi terlebih dahulu dengan para korban.

"Karena kemungkinan besar gak cuma satu (korbannya). Perkara ini masih kita dalami," dia menegaskan.

Baca Juga: Pelecehan Seksual Berkedok Tugas Akhir, Ini Pengakuan Korban

3. FIB Unair tidak melindungi apabila terbukti melanggar pidana

Jemput Bola, Polisi Hubungi Korban Pelecehan Seksual Berkedok TAIlustrasi tersangka (IDN Times/Bagus F)

Sementara itu, Dekan FIB Unair, Prof Diah Ariani Arimbi mengatakan, kampusnya tidak akan melindungi sivitas akademika yang melakukan pelanggaran etika di kampus. Apalagi pelanggaran pidana. Saat ini Komisi Etik Fakultas sedang melakukan investigasi secara menyeluruh terhadap kasus ini.

"Dan siap bekerja sama dengan semua pihak untuk menyelesaikan permasalahan ini," tulis Diah dalam rilis resmi FIB Unair.

Baca Juga: Pelecehan Seksual Berkedok Tugas Akhir, Unair Ancam DO Pelaku

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya