Jembatan Suramadu Ditutup Setahun, Roda Dua Bisa Lewat Lajur Mobil

Ada pengerjaan jalur listrik oleh PLN

Surabaya, IDN Times - Jalur motor di jembatan Suramadu ditutup selama setahun secara bergantian. Penutupan pertama dilakukan pada jalur motor dari arah Surabaya menuju Madura selama enam bulan mendatang. Setelah itu, penutupan ruas motor akan dilakukan untuk jalur Madura ke arah Surabaya.

Penutupan jembatan Suramadu berkaitan dengan pengerjaan pemasangan saluran kabel tegangan tinggi untuk pasokan listrik oleh PT PLN ke Pulau Madura yang dimulai pada 14 Juli hingga 2023 mendatang. Polisi pun melakukan rekayasa lalu lintas.

1. Sepeda motor arah Surabaya ke Madura bisa lewat jalur mobil lajur paling kiri

Jembatan Suramadu Ditutup Setahun, Roda Dua Bisa Lewat Lajur MobilANTARA FOTO/Zabur Karuru

Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Eko Adi Wibowo mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas tahap awal hanya dilakukan pada jalur kendaraan roda dua alias sepeda motor arah Surabaya-Madura. Nantinya sepeda motor akan dialihkan untuk bisa lewat di jalur roda empat atau lebih tepatnya lajur paling kiri.

"Nanti jam 2 (14.00 WIB) simulasi, jalur roda dua dialihkan jadi bukan penutupan," tegasnya saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (14/7/2022).

2. Ada pembatas jalan hingga personel polisi yang berjaga

Jembatan Suramadu Ditutup Setahun, Roda Dua Bisa Lewat Lajur MobilANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Dalam rekayasa lalu lintas nanti, sambung Eko, pihaknya akan memakai 380 pembatas alias barier untuk memisahkan antara lajur kendaraan roda dua dengan roda empat arah Surabaya - Madura. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di Suramadu.

"Rencana kami libatkan 30 - 40 orang (personel) saja secara bergantian," kata dia.

Baca Juga: Pria Asal Sampang Diduga Lompat dari Suramadu, Sempat Kirim WA

3. Pengalihan jalur roda dua arah Surabaya - Madura hingga Januari 2023

Jembatan Suramadu Ditutup Setahun, Roda Dua Bisa Lewat Lajur MobilSejumlah kendaraan memasuki Jembatan Suramadu, Sabtu (30/4/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana).

Sekadar diketahui, penutupan jalur roda dua arah Surabaya ke Madura Jembatan Suramadu akan dilakukan selama enam bulan, yakni mulai 14 Juli 2022 – 31 Januari 2023. Lalu penutupan jalur roda dua dari arah Madura – Surabaya dimulai bulan Februari – Juli 2023.

Kepala Satuan Kerja Preservasi Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu Herlambang Zulfikar mengungkapkan, pengerjaan SKTT sebenarnya direncanakan sejak 2020. Pengerjaannya dilakukan PLN Jawa Timur. Pihaknya meminta pelaksana proyek kembali memperbaiki kerusakan infrastruktur yang menjadi dampak pengerjaan.

Baca Juga: Cegah Bunuh Diri di Suramadu, Akan Ada Pasang CCTV Berkualitas Tinggi

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya