Jelang Pengumuman Cawapres Anies, Nama AHY dan Khofifah Mengemuka

Yang mana nih?

Surabaya, IDN Times - Ada dua nama tokoh yang santer dikaitkan dengan Bakal Calon Presiden Anies Baswedan. Yakni Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa.

Kader partai berlambang bintang mercy mempunyai keinginan agar AHY dapat menjadi pendamping Anies di gelanggang Pilpres. Sementara nama Khofifah, kerap muncul dalam hasil survei kalau elektabilitasnya diperhitungkan mendampingi Anies.

Seperti halnya hasil survei yang dirilis Surabaya Research Syndicate. Nama Khofifah berada di urutan kedua untuk mendampingi Anies dengan 16,2 persen. Sedangkan urutan pertama ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 18,1 persen dan ketiga Sandiaga 14,6 persen.

Survei SRS dilakukan 20 - 30 Mei 2023. Melibatkan 1.000 responden yang tersebar di Jatim. Teknik pengambilan sampel secara acak sistematis atau multistage random sampling. Margin of error ± 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Melihat hal ini, IDN Times mengonfirmasi kepada Partai Nasdem Jatim terkait figur yang akan mendampingi Anies. Karena diketahui, Nasdem menjadi partai yang pertama mengusung Anies sebagai Capres. Sampai akhirnya terbentuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersama Partai Demokrat dan PKS.

"Partai Koalisi Perubahan untuk Persatuan sudah sepakat untuk menyerahkan keputusan mencari calon pasangan pada Capres Bapak Anies Rasyid Baswedan," ujar Ketua DPW Nasdem Jatim, Sri Sajekti Sudjanadi kepada IDN Times, Senin (5/6/2023).

Jeanette--sapaan karib Ketua Nadem Jatim- memberi sinyal kalau Anies memang mendekati Khofifah. Tapi dia mengaku tidak tahu perkembangan komunikasi terkini antara Anies dengan Khofifah.

"Saya terus terang belum mendapat informasi, sejauh mana perkembangan komunikasi politik beliau termasuk dengan Ibu Khofifah," tegas dia.

Khofifah memang mempunyai pikat sendiri untuk dijadikan Cawapres. Tak hanya sebagai Gubernur Jatim. Khofifah menjadi representasi organisasi Islam terbesar, Nahdlatul Ulama (NU). Dia menjabat sebagai Ketua PBNU dan Ketum PP Muslimat NU.

Baca Juga: Khofifah Punya Kans Cawapres 2024

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya