Jelang Paskah, Polda Sterilisasi Gereja Libatkan Jihandak Brimob

Libatkan ormas dalam pengamanan

Surabaya, IDN Times - Aksi teror kembali membuat gaduh Indonesia yang masih berjuang menuntaskan pandemik COVID-19. Setelah peristiwa bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Minggu (28/3/2021). Terduga teroris berulah di Markas Besar (Mabes) Polri, Rabu (31/3/2021).

Kejadian itu membuat Polda Jawa Timur (Jatim) meningkatkan kewaspadaannya. Apalagi, jelang Perayaan Paskah pada Minggu (4/4/2021) mendatang. Tentunya polisi tidak mau kecolongan lagi seperti 2018 lalu, bom meledak di tiga gereja Surabaya dalam rentan waktu yang hampir bersamaan.

1. Libatkan Jihandak Brimob untuk sterilisasi

Jelang Paskah, Polda Sterilisasi Gereja Libatkan Jihandak BrimobIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Nah, untuk mengatisipasi hal tersebut polda menginstruksikan jajarannya melakukan kegiatan pengamanan di tempat-tempat ibadah. Terutama di gereja. Dilakukan dengan patroli skala besar dan juga melibatkan Kompi Penjinakan Bahan Peledak (Jihandak) Brimob.

"Seluruh tempat ibadah itu memang dilakukan peningkatan pengamannya. Salah satunya yakni keterlibatan temen-temen brimob untuk sterilisasi," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga: Berlanjut, Nurhadi Jalani Pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Jatim

2. Ada pengamanan berlapis luar dalam

Jelang Paskah, Polda Sterilisasi Gereja Libatkan Jihandak BrimobIlustrasi Bom (Teroris) (IDN Times/Mardya Shakti)

Perihal personel yang ditugaskan untuk pengamanan, perwira dengan tiga melati emas ini tidak mau menyebutkannya secara rinci. Dia hanya memastikan bahwa ada penambahan personel jaga baik di luar dan dalam gereja.

"Ada peningkatan karena dilaksanakan dengan tim terbuka dan juga tim tertutup," katanya.

3. Libatkan ormas dalam pengamanan

Jelang Paskah, Polda Sterilisasi Gereja Libatkan Jihandak BrimobPintu masuk Markas Polda Jatim diperketat, Rabu (31/3/2021). Dok. Ist

Gatot menambahkan, nantinya organisasi masyarakat (ormas) juga akan membantu dalam penjagaan. Seperti dari tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat. "Itu juga saling membantu dan bekerjasama dengan kita untuk menjaga kondusifitas khususnya dalam pelaksanaan ibadah," pungkasnya.

Baca Juga: Mabes Polri Diserang Terduga Teroris, Polda Jatim Mulai Waspada

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya