Jelang Lebaran Ketupat, Kamu Harus Tahu Maknanya!

Lebaran puasa Syawal

Surabaya, IDN Times - Setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri pada 1 Syawal 1442 Hijriah, Kamis (13/5/2021), umat Islam di Indonesia akan merayakan lebaran ketupat pada 8 Syawal. Nah, untuk tahun ini lebaran ketupat akan dilaksanakan pada Kamis (20/5/2021).

Lantas apa sih makna lebaran ketupat?

Baca Juga: Khofifah Bawakan Ketupat Sayur, Obati Rindu PMI yang Karantina

1. Dikenalkan Sunan Kalijaga

Jelang Lebaran Ketupat, Kamu Harus Tahu Maknanya!sidakpost.id

Katib Syuriah PWNU Jawa Timur (Jatim), KH Safrudin Syarif mengatakan tradisi lebaran ketupat pertama kali dikenalkan oleh Sunan Kalijaga. Ada dua bakda, yaitu bakda lebaran dan bakda kupat.

Bakda lebaran dimulai dari prosesi pelaksanaan Salat Idul Fitri pada 1 Syawal hingga tradisi saling kunjung dan memaafkan sesama muslim. Sementara bakda kupat dirayakan seminggu sesudah lebaran.

Biasanya dalam satu minggu sebelum lebaran ketupat, muslim di Indonesia menjalankan puasa syawal hukumnya sunnah. "Jadi, sebenarnya ulama-ulama kita itu sangat pandai untuk memberikan budaya yang sebenarnya ajaran Islam. Jadi, mereka tidak terasa kalau sebenarnya lebaran dua kali," ujarnya ditelepon, Senin (17/5/2021).

2. Identik dengan puasa Syawal usai lebaran

Jelang Lebaran Ketupat, Kamu Harus Tahu Maknanya!ilustrasi.

Anjuran Puasa Syawal, kata Safrudin, ada haditsnya 'Man shoma romadhona arabisitas min Syawal'. Yang berarti 'Barang siapa yang puasa Ramadan kemudian puasa enam hari maka dia seperti puasa satu tahun'.

Sehingga dengan hadits ini, ulama-ulama terdahulu biasanya menetapkan 1 Syawal merayakan lebaran. Setelahnya, pada 2-7 Syawal berpuasa lagi. "Setelah itu lebaran lagi yang disebut lebaran ketupat," ucapnya.

3. Ketupat berarti mengaku salah

Jelang Lebaran Ketupat, Kamu Harus Tahu Maknanya!google.com/rifanzaini

Terkait ketupat, Kiai Safrudin menjelaskan kalau ngaku lepat dalam bahasa Jawa. Artinya mengaku salah. Oleh karena itu orang yang habis berpuasa, dia sudah diampuni dosanya oleh Allah.

"Kalau puasanya diterima maka dia meminta maaf sesama umat manusia supaya diampuni oleh Allah SWT," terangnya.

"Dan di dalam ketupat itu Sunan Kalijaga itu dibungkus dengan janur artinya jaa nurun jadi datanglah cahaya, artinya bahwa cahaya Islam itu datang maka beras yang asalnya satu-satu dibungkus. Artinya Indonesia membawa kesatuan dan persatuan," dia menambahkan.

Jadi sebenarnya ketupat sebagai simbol kalau sudah puasa maka orang itu mengaku lepat, orang itu jadi tawadhu' alias tidak sombong. Diikat dalam satu tempat berupa janur.

Baca Juga: Selain Perang Ketupat, Ini 10 Tradisi Unik Lebaran di Indonesia

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya