Jatim Tuan Rumah 1 Abad NU, Khofifah Bacakan Anugerah Tokoh Nasional

Cettar

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa yang juga menjabat Ketua Harian PBNU tak sabar menunggu puncak peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023. Momen tersebut, kata dia, adalah momentum untuk memaknai perjuangan.

Perjuangan yang dimaksud Khofifah ialah yang dilakukan oleh para pendahulu sebagai semangat di masa kini dalam menghadapi masa depan. “Momen ini adalah momen Tabarruk atau momen mengais barokah dari perjuangan besar yang telah dilakukan oleh para pendahulu NU,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (24/1/2023).

Dengan total pesantren sebanyak 4.452 pesantren, Jawa Timur tentu memiliki jumlah santri yang sangat besar, yakni 564.299 santri. Menurut Khofifah, hal tersebut harus dijadikan upaya mewarisi tradisi yakni tabarruk pada sosok pejuang agama yang dijadikan panutan.

“Maka secara khusus baik santri maupun tidak, mari kita sama-sama melakukan tabarruk pada sosok-sosok yang dijadikan panutan untuk diteladani sifat dan perjuangan dalam kebaikan,” kata dia.

Selain puncak peringatan 1 Abad NU, Anugerah 1 Abad Nahdlatul Ulama di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (31/12023) malam. Khofifah yang juga Ketum Muslimat NU hadir khusus membacakan nominasi penganugerahan kategori tokoh nasional.

Sederet tokoh yang mendapatkan penghargaan kategori  tokoh nasional adalah Ir. Sukarno yang diterima oleh Megawati Soekarnoputri, KH  Wachid Hasyim  yang diterima oleh Firly Wahid, KH Abdurrahman Wahid yang diterima oleh Shinta Nuriyah Wahid dan Usmar Ismail yang diterima oleh Nurudin Ismail.

Atas terselenggaranya Malam Anugerah 1 Abad NU ini, Khofifah menyampaikan bahwa NU sebagai organisasi besar memegang peranan besar dalam upaya mengembangkan peradaban kemanusiaan. “NU  juga memiliki peran besar dalam upaya perbaikan kehidupan manusia yang berdasar pada Islam ala ahlissunnah wal jamaah,” ungkapnya.

Baca Juga: Mengenal Tokoh-Tokoh Pendiri Nahdlatul Ulama

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya