Jatim Bisa Kendalikan Penularan COVID-19 selama 2 Minggu, Ini Kuncinya

Semoga bisa terus ditekan angka penularannya

Surabaya, IDN Times - Rate of transmission (Rt) atau tingkat penularan COVID-19 di Jawa Timur (Jatim) bertahan di bawah 1 selama 14 hari atau 2 minggu. Data Satgas Penanganan COVID-19 Jatim mencatat bahwa Rt di angka 0,93, per Senin (5/10/2020). Kemudian positivity rate atau persentase pasien positif virus SARS CoV-2 sebesar 10 persen. Keberhasilan menekan angka penularan COVID-19 itu tak lepas dari berbagai upaya.

1. Operasi yustisi dinilai efektif

Jatim Bisa Kendalikan Penularan COVID-19 selama 2 Minggu, Ini Kuncinyainstagram.com/khofifah.ip

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, salah satu dampak besar untuk bisa mempertahankan Rt di bawah 1 ialah operasi yustisi. Operasi ini membuat masyarakat lebih patuh dalam protokol kesehatan. Minimal, mereka sekarang lebih disiplin menggunakan masker di tempat umum.

Operasi itu telah digalakkan satgas sejak 14 September 2020 di 74.694 titik. Tercatat  1.061.014 penindakan dilakukan, baik teguran, denda, hingga melakukan kerja sosial.

  “Jadi sampai dengan 4 Oktober kemarin sudah ada 1.061.014 yang ditindak. Baik itu teguran, ada yang kerja sosial dan denda administratif,” kata Khofifah melalui rilis resmi, Selasa (6/10/2020).

2. Tak hanya ditegur, tapi ada juga yang dapat reward

Jatim Bisa Kendalikan Penularan COVID-19 selama 2 Minggu, Ini KuncinyaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Tak hanya penindakan terhadap masyarakat saja, juga ada penghentian sementara  terhadap 56 tempat usaha, serta memberikan hukuman kurungan kepada empat orang pelanggar protokol kesehatan. Meski begitu, operasi yustisi lebih mengedepankan pendekatan humanis.

Selain menindak para pelanggar prokes, mantan Menteri Sosial itu menyatakan pihaknya juga memberikan reward atau hadiah bagi yang patuh. Pemberian reward menjadi salah satu cara mengedukasi masyarakat.

“Jadi sama-sama dihentikan di jalan, tapi yang pakai masker kami beri reward,” imbuhnya.

Baca Juga: Khofifah Perintahkan Tim COVID-19 Hunter Jemput Pasien Isolasi Mandiri

3. Diapresiasi Menko Luhut Binsar

Jatim Bisa Kendalikan Penularan COVID-19 selama 2 Minggu, Ini KuncinyaMenko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diminta Presiden Jokowi untuk fokus menangani kasus Covid-19 di sembilan provinsi yang berkontribusi besar terhadap total kasus nasional (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Langkah yang dijalankan Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, lanjut Khofifah, mendapat apresiasi dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Apresiasi itu disampaikan pada rapat virtual, Senin (5/10/2020). Kini, Jatim dinilai dapat mengendalikan penularan corona.

Jatim Bisa Kendalikan Penularan COVID-19 selama 2 Minggu, Ini KuncinyaInfografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir.  Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus.  Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Jatim Contek Ilmu Perubahan Perilaku dari Inggris untuk COVID-19

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya