Jalankan Instruksi Jokowi, Forkopimda Jatim Bagikan 2 Juta Masker

Ayo gawe masker, Rek!

Surabaya, IDN Times - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur membagikan 2 juta masker di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, Minggu (28/6). Pembagian itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden "Jokowi" Widodo yang menerima laporan bahwa masyarakat Surabaya Raya kurang patuh dengan protokol kesehatan.

"Masyarakat Surabaya (Raya) masih banyak yang belum pakai masker. Sehingga atas petunjuk dan perintah beliau (Jokowi), hari ini kami secara massal, masif, kami bagikan masker sebanyak dua juta untuk masyarakat Surabaya, Sidoarjo dan Gresik," ujar Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah.

1. Pembagian masker agar masyarakat biasa memakai dan membawanya

Jalankan Instruksi Jokowi, Forkopimda Jatim Bagikan 2 Juta MaskerPembagian masker di sekitar Jalan Raya Darmo, Surabaya, Minggu (28/6). Dok. Pemprov Jatim

Penggelontoran masker secara massal ini bertujuan agar masyarakat membiasakan memakai alat pelindung diri (APD) tersebut ketika beraktivitas di luar rumah atau tempat umum. Selain itu, agar setiap orang juga memiliki cadangan masker. Jadi tidak hanya satu saja menjelang kenormalan baru.

"Tujuannya membiasakan satu orang (punya) dua masker atau tiga masker. Ini menyongsong new normal," kata Widodo.

2. Dibagi pasar tradisional hingga taman kota

Jalankan Instruksi Jokowi, Forkopimda Jatim Bagikan 2 Juta MaskerKapolda Jatim Irjen Pol M. Fadil Imran membagikan masker kepada pedagan pasar, Minggu (28/6). Dok. Humas Polda Jatim

Untuk pembagiannya, lanjut Widodo, digelar di kawasan taman kota, pasar tadisional, pelabuhan, stasiun, pusat perbelanjaan atau mal dan tempat lainnya yang terlihat banyak kerumunan massa.

"(Khusus) Surabaya semua kami datangi dan sudah kami bagi tim. Masing-masing tim terdiri dari TNI dan Polri. Ada juga dari Pemda," ucapnya.

Baca Juga: Ketua PPNI Jatim Ungkap Insentif Perawat Baru Cair 20 Persen

3. Juga imbau masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan

Jalankan Instruksi Jokowi, Forkopimda Jatim Bagikan 2 Juta MaskerKapolda Jatim Irjen Pol M. Fadil Imran membagikan masker kepada pedagan pasar, Minggu (28/6). Dok. Humas Polda Jatim

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol M. Fadil Imran menyampaikan, tak hanya sekadar membagikan masker, pihaknya juga memberikan imbauan kepada masyarakat. Terutama soal pentingnya penerapan protokol kesehatan. Seperti jaga jarak fisik atau physical distancing, membiasakan diri cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta mengurangi kegiatan di kerumunan.

"Pembagian masker dilakukan serentak dengan polres dan polresta jajaran Polda Jatim," dia menambahkan.

Baca Juga: Jokowi Sebut 70 Persen Warga Jatim Tak Kenakan Masker

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya