ITS Borong Juara di Kontes Robot Indonesia 2020 Regional II

Optimistis bisa jadi juara umum di tingkat nasional

Surabaya, IDN Times - Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020 regional II digelar secara daring mulai 9-11 Oktober 2020. Dalam regional ini ada empat divisi utama yang dilombakan, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, KRSBI Beroda, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Pemadam Api (KRPA).

1. Tim Ichiro dan Tim Iris sabet juara

ITS Borong Juara di Kontes Robot Indonesia 2020 Regional IITim Robotika ITS raih juara di KRI 2020 Regional II. (Dok. Humas ITS).

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil memborong sejumlah juara. Pada KRSBI Humanoid, Tim Ichiro berhasil menyabet juara pertama pada kategori robot humanoid lomba lari, robot giring bola, dan lomba kerja sama robot. Tim Iris sukses berlaga di KRSBI Beroda.

"Tim Iris juga mendapatkan penghargaan strategi terbaik," ujar Koordinator pembimbing Tim Robotika ITS, Rudy Dikairono dalam rilis resmi, Rabu (14/10/2020).

2. Tim V-Rose duduk di posisi ketiga

ITS Borong Juara di Kontes Robot Indonesia 2020 Regional IITim Robotika ITS raih juara di KRI 2020 Regional II. (Dok. Humas ITS).

Sementara pada divisi KRSTI, Tim V-Rose ITS duduk di posisi ketiga. Dosen teknik elektro itu menuturkan kalau ITS menurunkan tim pada semua divisi. Perjuangan semua tim dalam masa pandemi ini dikatakan cukup berat karena tidak semua anggota tim bisa datang ke kampus.

Hal ini menyebabkan jumlah anggota yang bisa bekerja berkurang dibandingkan dengan kondisi normal. Selain itu, pembagian beban dan waktu kerja juga dinilai semakin ketat. Sebab, tim harus memenuhi target yang diharapkan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Semua anggota tim diwajibkan untuk melaksanakan tes rapid," kata Rudy.

Baca Juga: Polisi Bojonegoro Ciptakan Robot Pendeteksi Orang Tak Pakai Masker

3. Optimis dapat juara umum pada KRI 2020

ITS Borong Juara di Kontes Robot Indonesia 2020 Regional IITim Robotika ITS raih juara di KRI 2020 Regional II. (Dok. Humas ITS).

Tim, lanjut Rudy, juga harus beradaptasi terhadap teknis penyelenggaraan kompetisi. Rudy mengatakan, beberapa divisi menggunakan aturan yang benar-benar baru, aturan baru ini disesuaikan dengan model pertandingan yang harus dilakukan secara online. Tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Tim Robotika ITS.

"Tantangan ini menjadi bukti bahwa Tim ITS mempunyai keunggulan dalam adaptasi dan kreativitas, terbukti dari berhasilnya tim pada banyak divisi," ucap Rudy.

"Dengan prestasi saat ini, kita sangat percaya diri untuk bisa mempertahankan juara umum yang ketiga pada KRI nasional tahun ini," dia menambahkan.

Baca Juga: Mengintip Spesifikasi dan Keunggulan i-BOAT, Kapal Tanpa Awak ITS

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya