Ini Daerah Rawan Banjir dan Longsor di Jatim

Tetap waspada gess

Surabaya, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) menyatakan telah menyiapkan langkah antisipasi bencana jelang musim hujan. Beberapa daerah pun dipetakan menjadi kawasan siaga banjir dan longsor tahun 2019.

"Kita sudah menyusun surat edaran gubenur kepada kabupaten kota untuk siaga banjir longsong tahun 2019," ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jatim, Satriyo Nur Seno, Selasa (5/11).

 

1. Banjir rawan di sekitar Bengawan Solo Sungai Brantas dan Sungai Kemuning

Ini Daerah Rawan Banjir dan Longsor di JatimKondisi DAS Bengawan Solo. IDN Times/Larasati Rey

Satriyo mengatakan, untuk di Jatim kawasan yang rawan banjir masih di sekitar Bengawan Solo dan Sungai Brantas. Pasalnya, kawasan itu sudah menjadi langganan tiap tahun banjir.

"Banjir Bengawan Solo itu mulai dari Magetan, Ngawi, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik dan Mojokerto. Brantas itu dari Malang, Kediri, Jombang, Mojokerto. Itu yang menjadi tiap tahun kejadian ada di sana," ungkapnya.

2. Banjir di kawasan Sungai Kemuning Madura

Ini Daerah Rawan Banjir dan Longsor di JatimIlustrasi banjir. Dok. BNPB

Tak hanya di kawasan Pulau Jawa, Satriyo juga mengatakan banjir acap kali terjadi di Madura. Seperti tahun sebelumnya, banjir menerjang sebagian kecamatan di Kabupaten Pamekasan dan Sampang.

"Kemudian di Madura, Sungai Kemuning juga sering," tambah Satriyo.

Baca Juga: Sidang Raya Gubeng Longsor, Enam Saksi Fakta Berikan Keterangan

3. Longsor diwaspadai di wilayah pegunungan lingkar Selatan

Ini Daerah Rawan Banjir dan Longsor di JatimLongsor di Pacitan. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

 

Selanjutnya, terkait rawan longsor masih teridentifikasi di kawasan pegunungan. Satriyo menyebut daerah pegunungan lingkar Selatan, mulai Pacitan hingga Banyuwangi masih harus diwaspadai.

"Itu yang rawan longsor dari Banyuwangi, Pacitan, Jember, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Malang, Batu," terangnya.

4. Siapkan personel dan logistik

Ini Daerah Rawan Banjir dan Longsor di JatimUnsplash/jonathan Ford

Selain memetakan daerah rawan bencana saat musim hujan, BPBD Jatim telah menyiapkan personel yang siaga. Ditambah lagi beberapa logistik berupa peralatan evakuasi apabila terjadi bencana.

"Insyaallah secara upaya sudah kita persiapkan jika memang terjadi bencana yang tidak kita inginkan, baik secara personel, peralatan, kami sudah siap," tegas Satriyo.

Baca Juga: Masuk Musim Hujan, BNPB Kabupaten Bandung Imbau Warga Waspada Banjir 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya