Hore! Program Mudik Gratis Jatim Dibuka, Simak Syarat dan Jadwalnya!

Ada ratusan bus, kapal dan angkut sepeda motor

Surabaya, IDN Times - Ratusan bus dan kapal disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dalam program mudik gratis tahun ini. Nah, bagi warga Jatim yang pengin ikut program ini, sudah bisa mendaftar, Senin (27/3/2023).

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa merinci ada sebanyak 161 armada bus yang telah disiapkan dalam mudik gratis ini. Sebanyak 161 armada bus itu akan diberangkatkan dari Surabaya menuju ke sejumlah kabupaten/kota tujuan di Jatim.

1. Kapal gratis disiapkan untuk masyarakat kepulauan

Hore! Program Mudik Gratis Jatim Dibuka, Simak Syarat dan Jadwalnya!Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat program mudik gratis. Dok. Pemprov Jatim.

Tidak hanya itu, Pemprov Jatim juga menyediakan mudik gratis menggunakan satu kapal laut bagi masyarakat kepulauan. Kapal tersebut bisa menampung 2.400 penumpang dan mengangkut 400 motor lebih dengan rute Jangkar - Raas.

"Kami menyiapkan 161 bus untuk mudik gratis, 400 kendaraan motor siap diangkut dan kapal bagi masyarakat di wilayah Kepulauan," ujar Khofifah saat di Gedung Negara Grahadi.

Bagi masyarakat yang pengin ikut mudik gratis, Khofifah mengingatkan masyarakat harus memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran. Antara lain dengan mengirimkan fotokopi KTP dan KK secara online, serta sudah vaksin booster.

“Mulai hari ini, tanggal 27 Maret sampai 10 April 2023 melalui alamat website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id, masyarakat bisa mulai mendaftarkan diri secara online," kata dia.

2. Mudik gratis akan dimulai 19 April

Hore! Program Mudik Gratis Jatim Dibuka, Simak Syarat dan Jadwalnya!Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat program mudik gratis. Dok. Pemprov Jatim.

Khofifah mengatakan, mudik gratis akan dimulai pada tanggal 19 April 2023. Peserta mudik gratis akan diberangkatkan dari Kantor Dinas Perhubungan Jatim di kawasan Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Jumlah armada yang berangkat pada 19 April 2023 sebanyak 90 bus dengan tujuan di 20 kabupaten/ kota. Rutenya, Surabaya - Madiun, Surabaya - Magetan, Surabaya - Ponorogo, Surabaya - Nganjuk, Surabaya - Tulungagung, Surabaya - Blitar, Surabaya - Trenggalek.

Lebih lanjut, Surabaya - Bondowoso, Surabaya - Pacitan, Surabaya - Jember. Kemudian juga Surabaya - Malang - Blitar, Surabaya - Banyuwangi, Surabaya - Ngawi, Surabaya - Tuban, Surabaya - Sumenep, Surabaya - Bojonegoro.

Selain itu, Pemprov Jatim juga akan menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat asal Jatim yang tinggal dan bekerja di Jakarta sebanyak 34 bus. Sebanyak 20 bus diberangkatkan pada18 April menuju Jatim dari Jakarta  yang tepatnya dari anjungan Jatim TMII Jakarta serta armada bus balik gratis dari Jatim menuju ke Jakarta sebanyak 14 bus.

“Kami juga akan menyiapkan armada bagi saudara kita yang berada di Ibukota Jakarta dengan 34 bus Mudik Balik Gratis yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2023 bertempat di Anjungan Jatim TMII Jakarta,” tegasnya.

Baca Juga: Erick Thohir Siapkan Mudik Gratis BUMN, Kuotanya 65 Ribu Lebih

3. Khusus mudik via kapal laut, bisa daftar awal April

Hore! Program Mudik Gratis Jatim Dibuka, Simak Syarat dan Jadwalnya!Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat program mudik gratis. Dok. Pemprov Jatim.

Pemprov Jatim mempersiapkan rute Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas dengan jumlah retase enam kali Pulang Pergi (PP) dengan daya tampung penumpang sekitar 2.400 penumpang menggunakan Kapal  KMP. Wicitra Dharma I.

Khofifah menegaskan, bagi yang ingin mendaftar, pendaftaran akan dibuka pada 1 - 20 April 2023 secara offline dengan jadwal mudik Pelabuhan Jangkar - Raas PP pada 16, 18, 20 April 2023. Sedangkan, rencana jadwal balik dari Pulau Raas – Pelabuhan Jangkar PP pada tanggal 26 April, 29 April dan 2 Mei 2023.

“Kami memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mudik di Pulau Raas dengan langsung mengunjungi loket operator PT DDU di Pulau Raas dan pelabuhan Jangkar,” urainya.

4. Ada juga mudik gratis sepeda motor untuk area Jatim

Hore! Program Mudik Gratis Jatim Dibuka, Simak Syarat dan Jadwalnya!Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat program mudik gratis. Dok. Pemprov Jatim.

Tahun ini, sambung Khofifah, ada inovasi untuk mengurangi serta mengurai kemacetan. Yakni dengan membuka program mudik gratis sepeda motor. Adapun program tersebut dilaksanakan pada 18 April 2023 tempat dari Kantor Dishub Jatim dengan tujuan Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Jember dan Banyuwangi.

“Kami juga mempersiapkan Mudik Gratis Sepeda Motor yang mengakomodir masyarakat yang ingin tetap mudik dengan membawa motornya," kata Khofifah.

"Maka kita siapkan kendaraan untuk  pemudik dan mengangkut 400 kendaraannya demi mengurangi kepadatan dan mengurai kemacetan di Jalan. Semoga seluruh ikhtiar ini bisa menghadirkan Libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H dengan aman, nyaman dan bisa urai kemacetan selama gelaran mudik tahun 2023,” tutupnya.

Baca Juga: Jangan Ketinggalan! Daftar Mudik Gratis Bareng Jasa Raharja 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya