Comscore Tracker

Hore! 8 Taman di Surabaya Buka Sabtu Besok

Ingat prokes lho ya...!

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membuka delapan taman kota pada Sabtu (10/4/2021). Diketahui, taman di Kota Pahlawan ditutup sejak merebaknya pandemik COVID-19 selama satu tahun belakangan ini.

"Ada beberapa taman yang mewakili Surabaya timur, selatan, utara, barat. Ada delapan taman," ujar Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Anna Fajriatin, Kamis (8/4/2021).

1. Taman Flora hingga Kebun Bibit dibuka pukul 06.00-11.00 WIB

Hore! 8 Taman di Surabaya Buka Sabtu BesokTaman Sejarah Kota Surabaya. IDN Times/Reza Iqbal

Delapan taman yang sedang disiapkan secara paralel oleh DKRTH yakni Taman Flora, Taman Harmoni, Taman Pelangi, Taman Prestasi, Taman Ekspresi, Taman Cahaya, Taman Sejarah dan Kebun Bibit Wonorejo. Nantinya ada sistem keluar masuk khusus, pembatasan kapasitas dan jam.

"Prokes (protokol kesehatan) kita jaga, one way masuk lewat pintu mana, keluar pintu mana. Jamnya kami batasi mulai jam 6 pagi sampai jam 11 pagi dulu," kata Anna.

2. Kapasitas dibatasi 50 persen

Hore! 8 Taman di Surabaya Buka Sabtu BesokPlt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Anna Fajriatin saat masih menjadi Camat Gununganyar. IDN Times/Faiz Nashrillah

Untuk kapasitas taman, lanjut Anna, DKRTH hanya memperbolehkan maksimal 50 persen dari total kapasitas. Agar pengunjung patuh, pihaknya melibatkan tokoh masyarakat dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK).

"Ada juga pedagang asongan yang (potensi) masuk ke taman. Kami tidak melarang, tapi kami membatasi dengan prokes. Semua harus saling menjaga," ucap dia.

Baca Juga: Ada Tulisan "Taman Harmoni 01" di Teror Kepala Kambing, Apa Artinya? 

3. Masih dalam tahap uji coba

Hore! 8 Taman di Surabaya Buka Sabtu BesokKebun Bibit Wonorejo Surabaya. IDN Times/Indra Zakaria

Pembukaan delapan taman ini akan diuji coba selama dua minggu. Apabila pengunjung tertib protokol kesehatan dan tidak ada temuan klaster COVID-19 maka alan diperpanjang lagi estimasi waktunya.

"Harapannya taman kalau dibuka, warganya manut.  Saya ingin menghimbau sama-sama menjaga. Kondisinya beda. Larangan bergerombol, pakai masker harus ditaati," ungkap dia.

Saat ini, seluruh tempat duduk, toilet hingha fasilitas umum di taman kota sedang menjalani penyemprotan disinfektan. Juga disiapkan sarung tangan plastik untuk pengunjung dan petugas jaga taman.

Baca Juga: 5 Taman Nasional Memukau yang Wajib Dikunjungi di Finlandia, Eksotis!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya