Comscore Tracker

Hari Tanpa Bayangan, Catat Tanggalnya di Kotamu!

Matahari akan berada lurus di atas kita

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 38 kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) akan mengalami hari tanpa bayangan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda menyebut, fenomena ini bernama kulminasi utama yang akan terjadi mulai Jumat (11/10).

1. Matahari tepat di atas kepala sehingga bayangan menghilang

Hari Tanpa Bayangan, Catat Tanggalnya di Kotamu!BMKG

 

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda menjelaskan, kulminasi utama ialah fenomena matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Ketika itu, matahari akan berada di titik zenit atau tepat di atas kepala.

"Akibatnya bayangan benda tegak akan terlihat menghilang, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri," ujar Teguh kepada IDN Times, Rabu (9/10).

Baca Juga: Surabaya Panas "Kentang-kentang", Rupanya Akibat Ini

2. Fenomena yang terjadi tiap tahun

Hari Tanpa Bayangan, Catat Tanggalnya di Kotamu!pixabay.com/danfador

 

Teguh menyampaikan, kulminasi utama merupakan fenomena yang biasa terjadi tiap tahun. Ia mengatakan, fenomena alam ini tidak perlu ditakutkan.

"Tiap tahun di Indonesia, di Jatim secara khusus juga akan mengalaminya, itu bukan sesuatu hal yang harus dikhawatirkan berlebih kepada masyarakat," terangnya.

3. Akan terjadi peningkatan suhu

Hari Tanpa Bayangan, Catat Tanggalnya di Kotamu!pexels.com/@pixabay

 

Meski begitu, Teguh memberikan imbauannya kepada masyarakat. Karena posisi matahari tepat berada di atas kepala, maka perlu diwaspadai peningkatan suhu.

"Berkisar 0,5-1 C dari normalnya terutama di siang hari yang berpotensi menyebabkan dehidrasi. Tetap menjaga kondisi dengan asupan air yang cukup bagi tubuh," kata Teguh.

4. Terjadi bergilir mulai Jumat (11/10) sampai Selasa (15/10)

Hari Tanpa Bayangan, Catat Tanggalnya di Kotamu!bhphotovideo.com

 

Berdasarkan data yang diterima IDN Times, wilayah Jatim yang mengalami hari tanpa bayangan Jumat (11/10); Sumenep, Bangkalan dan Tuban. Selanjutnya pada Sabtu (12/10); Surabaya, Pamekasan, Sampang, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan Ngawi.

Kemudian pada Minggu (13/10); Situbondo, Kraksaan, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Mojosari, Mojokerto, Jombang, Ngasem, Kediri, Nganjuk, Caruban, Madiun dan Magetan. Pada Senin (14/10); Bondowoso, Jember, Lumajang, Malang, Kepanjen, Batu, Kanigoro, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan. Terakhir, pada Selasa (15/10); Banyuwangi.

Baca Juga: 12 Oktober Nanti, Surabaya Alami Hari Tanpa Bayangan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You